Riau Raya

Pemprov Riau akan Apel Bencana Kabut Asap

Pekanbaru-Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau yang mulai mengkhawatirkan, mendapat perhatian serius Penjabat Gubernur Riau, Djohermansyah Djohan.
 
Besok, Jumat (7/2/2014), Pemprov Riau bakal menggelar apel siaga bencana asap. Sebanyak 100 pasukan Tim Reaksi Cepat (TRC) akan dikerahkan membantu penanganan kabut asap dan karhutla.
 
"Besok kita apel siaga karhutla dan kabut asap. Apel ini nanti akan dipimpin langsung pak Pj Gubernur," ujar Sekdaprov Riau, Zaini Ismail, seperti dilansir halloriau.com, Kamis (6/2/2014).
 
Dipaparkan Zaini, karhutla yang meluas di daerah sebenarnya bisa ditangani oleh Pemerintah Daerah. Namun karena tidak serius, karhutla di daerah semakin meluas. "Kebakaran itu ada di daerah, harusnya Pemerintah Daerah itu tanggap dengan masalah ini. Kalau alat dan perlengkapan gak ada, ya dianggarkanlah untuk pembelian," cetus Zaini.
 
Ia juga menyayangkan lambannya penanganan karhutla yang semakin meluas ini. "Kalau semuanya dibebankan ke Pemprov, apa tugas BPBD di daerah lagi. Jadi Pemkab harus tanggap dengan masalah yang terjadi tiap tahun ini," pungkasnya. (rep05)