Fokus Rohil

Rohil Miliki 298 Unit TPA

BAGANSIAPIAPI - Sebagai daerah berjuluk negeri seribu kubah, Kabupaten Rokan Hilir memiliki Taman Pendidikan Al Quran (TPA) sebanyak 298 unit. Keberadaan ratusan TPA ini tak lain wujud dari kepedulian pemerintah untuk menumbuhkembangkan manusia yang berakhlak di tengah kehidupan bermasyarakat.

 
Hal ini dibenarkan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakanmenag) Rokan hilir, H Agustiar kepada wartawan, Selasa (30/4).
 
TPA yang merupakan salah satu pendidikan agama diperuntukan buat anak usia dini itu menyebar di 15 kecamatan di Rohil. Berdasarkan data yang dihimpun dari Kantor Kementrian Agama setempat, dari tahun 2011 terus mengalami peningkatan drastis.
 
"Tahun 2011 jumlahnya baru mencapai 171 unit TPA. Setahun kemudian angka ini naik menjadi 267 unit TPA dan hingga bulan April 2013, jumlah TPA secara total menjadi 298 unit TPA," rinci Agustiar.
 
Peningkatan jumlah penambahan TPA didominasi oleh Kecamatan Pujud. Berikut jumlah TPA per kecamatan, Pujud sebanyak 76 TPA, Tanah Putih sebanyak 59 TPA, Kubu dan Kubu Darussalam 37 TPA, Bagan Sinembah 31 TPA, Bangko Pusako 13 TPA, Rimba Melintang 11 TPA, Sinaboi 9 TPA,  Tanah Putih Tanjung Melawan 7 TPA, Pasir Limau Kapas 7 TPA, Perkaitan 5 TPA, Rantau Kopar 3 TPA, Simpang Kanan 2 TPA dan Kecamatan Batu Hampar 1 TPA.
 
"Sebenarnya masih banyak TPA yang belum terdata karena  mereka belum menyampaikan laporan ke kita. Seiring dengan pertumbuhan TPA, jumlah guru mengaji saat ini berjumlah sebanyak 649 orang dan 489 orang diantaranya mendapat bantuan insentif dari Pemkab Rohil per orang sebesar Rp2,6 juta per tahun," jelasnya. (rep-01)