Siap Difungsikan

Jembatan Perdamaran Lolos Uji Kelayakan

Bupati Rohil, H Annas Maamun foto bersama dengan Asrena Polri, Irjen Pol Drs Sulistyo Ishak dan jajarannya saat melakukan kunjungan ke Jembatan Perdam

 

BAGANSIAPIAPI - Jembatan Permaran I dinyatakan lolos uji kelayakan oleh Pemerintah Pusat melalui kementerian terkait. Dengan mendapatkan label lolos uji kelayakan tersebut, jembatan siap difungsikan untuk umum. 
 
Kini, Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) menggesa kelengkapan jembatan yang menghubungkan lintas pesisir tersebut. "Khusus untuk jembatan Pedamaran I sudah ditegaskan lolos uji kelayakan. Kita tinggal mengerjakan finishing di luar jembatan seperti kelengkapan lainnya yang meliputi, taman, trotoar jalan masuk jembatan dan bundaran yang menghubungkan Ujung Tangjung-Bagansiapiapi-Pedamaran-Jalan Lingkar," sebut Kepala BMP Rohil, Nasri, Jumat (18/10/2013).
 
Nasri menambahkan, untuk jalan lintas yang menghubungkan jembatan Pedamaran I dan jembatan Pedamaran II yang kini juga sedang digea pengerjaannya, jalan lintas pesisir menghubungkan Bagansiapiapi-Pedamaran-Kubu-Panipahan, pengerjaanya melali dana APBN.   
 
Dijelaskan Nasri, tahap pengujian jembatan Perdamaran I baru-baru ini dilakukan dengan menggunakan puluhan kenderaan berat melintasi jembatan tersebut. "Dengan demikian, kita tahu berapa kapasitas jembatan itu. Sehingga, uji kelayakan dinyatakan lolos oleh pusat dan sudah siap difungsikan," urainya. 
 
"Selesai dibangun jalan lintas pesisir itu oleh pusat, barulah jembatan ini benar-benar diraskan manfaatnya oleh masyarakat. Karena, jembatan ini dirancang untuk memperpendek jarak tempuh lintas wilayah pesisir. Makanya kita sedang menunggu realisasi pengerjaan jalan lintas melalui APBN sambil menggesa pengerjaan jembatan Pedamaran II," jelas Kadis BMP.
 
Disinggung mengenai peresmian jembatan kembar tersebut, Nasri tak mau berspekulan. "Kan jembatan Pedamaran II sedang dikerjakan. Kini sudah mencapai 80 persen dan kita gesa akhir tahun ini tuntas. Mengenai peresmian, itu bukan wewenang kita yang menjawabnya," timpalnya. 
 
Sebelumnya, peresmian jembatan Perdamran I dan II menurut keinginan Bupati H Annas Maamun sebelumnya bakal diresmikan oleh sejumlah menteri. Pasalnya, tak jauh dari dari lokasi jembatan, Pemkab Rohil yang mendapat suntikan dana APBN tengah menggesa pembangunan Bandara Teluk Bano I. Jadi, kemungkinan besar jembatan itu diresmikan oleh Menteri PU, Djoko Kirmanto dan Menteri Perhubungan, EE Mangindaan.
 
Lebih lanjutnya, Nasri menjelaskan, dengan tersedianya dua jembatan itu, maka dapat menjadi penghubung lintas pesisir pantai. "Yang jelas dapat membuka akses keterilosiran daerah dan memanfaatkan potensi yang ada," sebutnya. (rep1)