Sport

Gagal Juara Liga, Wenger Seharusnya Mundur

Jakarta - Mantan pemain Arsenal, Paul Merson, meminta agar pelatih Arsene Wenger dilepas oleh mantan klubnya itu bila kembali gagal mempersembahkan juara Premier League. Arsenal terakhir menjadi juara pada 2004 dan pada musim 2015-16 ini harus menghadapi persaingan sengit dengan Leicester, Tottenham Hotspur, dan Manchester City.
 
Merson berpendapat bahwa Arsenal harus belajar hidup tanpa Wenger. Pelatih asal Prancis itu sudah menangani The Gunners sejak 1995.
 
Menurut Merson, tak ada alasan buat Arsenal untuk kalah bersaing dengan sesama tim London Utara lain, Tottenham. Apalagi bila mereka sampai tak bisa berprestasi dari Leicester, tim yang nyaris degradasi pada musim lalu dan meroket di musim ini.
 
Dengan sisa 11 pertandingan, Arsenal baru mengumpulkan nilai 51, tertinggal lima poin dari Leicester dan tiga dari Tottenham. Merson menganggap tak ada lagi ampun buat Wenger bila gagal mengatasi kedua klub tersebut dalam perebutan trofi juara.
 
"Bila City tak bisa menjuarai liga dan juara diraih Tottenham atau Leicester, maka Arsene Wenger harus angkat kaki," kata Merson kepada Sky Sports.
 
Wenger mengawali musim 2015-16 ini dengan kejutan dengan cara tak membeli bintang-bintang lapangan kecuali kiper veteran Petr Cech, yang diboyong dari rival sekota, Chelsea. Padalah klub-klub besar lain seperti Manchester United, City, dan Chelsea menggelontorkan banyak uang untuk memperkuat skuatnya.
 
"Bila Man.City yang menjadi juara, ia pasti berdalih bahwa mereka memiliki dana yang luar biasa besar dan bisa membeli pemain manapun di dunia yang diinginkan. Tapi bila Tottenham atau Leicester yang juara, saya tak melihat alasan ia tetap dipertahankan," ujar Merson, yang hanya sempat bermain satu musim di bawah Wenger pada 1996-97 dan kemudian bergabung dengan Middlesbrough.(rep05)