*Hindari Kecuarangan

Tahun Depan, Pemkab Rohil Ambil Alih Tera Timbangan Pasar

H. Syafrudin

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Rokan Hilir(Rohil) awal tahun 2017 mendatang akan mengambil alih penanganan peneraan atau mengukur ulang Timbangan pedagang. Hal ini dilakukan agar timbangan pedagang dipasar dan Pabrik Kelapa sawit (PKS) di Rohil benar-benar pas.

Tera ulang timbangan ini nantinya akan ditangani dan diawasi langsung oleh Unit pelaksana teknis daerah (UPTD) bidang meteorologi Dinas perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Rohil yang dipusatkan dibatu empat, Bagansiapiapi ,"kata Kadisperindag Rohil H Syafruddin HS Sos Msi melalui Kabid Perdagangan, Rafizal Spi, senin (1/2) diruang kerjanya.

Saat ini kantor UPTD yang nantinya menangani Tera ulang atau KIR Timbangan pedagang itu pembangunannya sedang dikerjakan. "kalau kantor pemkab rohil yang melakukan pembangunannya, sementara untuk alat perlengkapan dan kebutuhannya lainnya kita minta bantuan kepemerintah pusat, yang jelas awal 2017 peneraan ulang timbangan pedagang sudah bisa kita jalankan, "terangnya.

Dijelaskan, Tera ulang timbangan pedagang selama ini dikelola dan diawasi oleh pemprop Riau, Sehingga pengawasannya kurang maksimal. Makanya kita mengambil alih agar ukuran timbangan pedagang dipasaran benar-benar Pas. Apabila hal ini terwujud, untuk penerapan tahap awal pihaknya akan menganti timbangan para pedagang dengan timbangan piringan besi yang berukuran diatas 10 Kilogram secara bertahap.

"setiap pedagang yang berjualan dipasar nantinya kita minta untuk membawa timbangannya untuk diukur ketepatannya. Setelah itu,timbangan yang telah ditera ulang akan kita berikan semacam segel dan poster untuk menandakan bahwatimbangan tersebut sudah menjalani tera ulang,"tutur Rafizal.

Dilanjutkan Mantan Kabid Perikanan diskanlut Rohil ini, apabila tera ulang ini nantinya sudah diterapkan maka akan menjadi agenda rutin yang dilakukan pihaknya secara berkala, sehingga masyrakat sebagai konsumen tidak merasa dirugikan ketika berbelanja dipasar. Selain dipasar, Tera ulang ini nantinya juga akan diberlakukan disetiap PKS yang ada dirohil, "tungkasnya. (adv/hms/di)