Sport

Ini Dia Kandidat Kapten Timnas Senior

Jakarta-Pelatih tim nasional senior Indonesia, Alfred Riedl, mengaku belum menentukan pilihanya terkait siapa yang akan menjadi kapten skuat Garuda untuk ajang Piala AFF 2014 Vietnam pada 22 November mendatang.
 
Sejak pemanggilan 35 daftar pemain bulan lalu, Riedl sebenarya mempunyai empat kandidat yang menurutnya pantas mengisi jabatan tersebut. Mereka adalah bek Mitra Kukar, Zulkifli Syukur; Gelandang Persib Bandung, Firman Utina; jenderal pertahanan Persisam Samarinda, Muhammad Roby dan pemain yang musim lalu merumput bersama klub PKNS Malaysia, Hamka Hamzah
 
Namun, cedera lutut yang dialami Hamka memaksa mantan penggawa Persija Jakarta itu harus tersingkir dari timnas. Alhasil, saat ini hanya tersisa tiga nama yang akan menjadi calon kapten skuat Merah-Putih
 
Pada laga uji coba menghadapi Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (11/11), Riedl memberikan kpercayaan kepada Zulkifli untuk menjadi kapten. Seakan menjawab kepercayaan sang pelatih, pemain bernomor punggung 3 di klub dan timnas ini bermain apik dan mengantarkan Indonesia meraih kemenangan cukup telak, 4-0
 
Di laga itu, Zulkifli mampu memainkan perannnya sebagai bek kanan tangguh yang mampu membantu penyerangan. Terbukti, pria kelahiran Makassar ini mampu menciptakan dua assist masing-masing untuk Zulham Zamrun dan Evan Dimas Darmono.
 
Seusai laga, Riedl tanpa sungkan memuji permainan Zulkifli. Namun, pelatih asal Austria itu tidak menjamin Kapten Mitra Kukar tesebut menjadi kapten kembali pada laga uji coba terakhir kontra Suriah pada Sabtu ini. 
 
"Zulkifli bermain sangat baik, ia mampu menunjukkan kualitasnya sebagai pemimpin. Namun, saya belum bisa memastikan ia akan menjadi kapten tim di Piala AFF karena kami juga masih memiliki Firman dan Roby," terang Riedl saat konferensi pers pekan ini.
 
Selain Zulkifli, Firman Utina juga dinilai layak untuk memimpin timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2014. Kualitas Firman sebagai pemimpin sudah terbukti dengan membawa rekan-rekannya di Persib Bandung menjuarai Indonesia Super League (ISL) musim ini. 
 
Selain itu, Firman juga pernah menyandang ban kapten timnas pada Piala AFF 2010. Prestasinya di pesepakbolaan Indonesia juga terbilang cukup baik. Pemain kelahiran Manado ini tercatat dua kali membawa Arema Malang juara Piala Indonesia pada 2005 dan 2006.
 
Di level timnas, Firman juga pernah membawa Indonesia menempati posisi kedua di ajang Piala AFF 2010 sekaligus menyabet penghargaan sebagai pemain terbaik di turnamen dua tahunan tersebut.
 
Satu kandidat tersisa yang akan memimpin timnas adalah kapten Persisam Putera Samarinda, Muhammad Roby. Pemain kelahiran Depok ini menjadi yang termuda di antara yang lainnya karena masih berumur 29 tahun.
 
Roby tercatat pernah menjadi pemain terbaik di ajang Inter Island Cup pada 2012 silam. Selain itu, pemain bernomor punggung 16 di klub dan timnas itu juga kerap menjadi kapten di laga persahabatan timnas Indonesia. Salah satunya adalah kala menghadapi Liverpool dan Chelsea di bawah kepemimpinan pelatih Jacksen F Tiago pada tahun lalu. (rep05)