Sport

Akhirnya, Atlet Peparnas Riau Cicipi Bonus

Martin Losu

PEKANBARU - Setelah hampir satu tahun menanti, akhirnya atlet paralympian Riau dapat juga mencicipi bonus, atas prestasi yang mereka torehkan diajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) Oktober 2012 lalu di Riau.

Pembagian bonus yang mencapai Rp15 miliar ini diserahkan langsung oleh Sekdaprov Riau, Zaini Ismail, Sabtu (14/9/2013) di Pekanbaru dilansir halloriau.com. Tampak hadir dalam penyerahan bonus ini Ketua KONI Riau, Yuherman Yusuf, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau, Edi Satria dan perwakilan NPC (National Paralimpic Committe).

Seperti diketahui Peparnas XIV 2012 lalu, Riau berhasil menempati urutan ketiga Nasional dengan perolehan 26 medali emas, 39 perak dan 41 medali perunggu. Untuk peraih medali emas akan mendapatkan bonus senilai 125 juta, peraih perak 75 juta dan perunggu 35 juta.

Dalam sambutannya, Zaini mengungkapkan bonus tersebut sebagai bentuk komitmen dan apresiasi Gubernur Riau HM Rusli Zainal atas prestasi Paralympian Riau yang berhasil mengharumkan nama Riau dilevel nasional diajang Olahraga.

"Ini prestasi yang luar biasa, dari peringkat 16 nasional, Riau berhasil menyodok keperingkat Tiga besar di Peparnas XI. Dan ini tentunya sesuai dengan janji Bapak Gubernur maka hari ini secara simbolis kita serahkan bonus yang menjadi hak para atlet paralympian," katanya.

Sementara itu, Ketua Nasional Paralimpic Comitte (NPC) Riau, Jaya Kusuma sangat berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Riau yang telah memberian apresiasi yang begitu besar dengan memberikan bonus kepada atlet dan pelatih berprestasi.

"Alhamdullilah kita ucapkan terimakasih kepada Gubernur dan Pemerintah Riau yang telah menepati janjinya untuk memberikan bonus kepada kami-kami ini yang telah bersusah payah mengikuti Peparnas," ucapnya.

Menurut Jaya, untuk mendapatkan bonus tersebut memang membutuhkan waktu yang cukup lama bahkan hampir satu tahun lamanya baru bisa dicairkan.

"Kalau kita bilang memang begitu mudah. Tapi, untuk mendapatkan bonus tersebut membutuhkan banyak proses. Kemudian kita ini terpisah dengan KONI sehingga kita harus mengajukan sendiri. Walaupun perosesnya lama. Tapi, kita sangat besyukur hari ini secara simbolis melalu Bapak sekda kita mendapatkan bonus," katanya.

Jaya berharap melalui bonus yang diberikan tersebut bisa menambah semangat atlet-atlet paralympian untuk bisa lebih baik lagi kedepan. Mengingat masih banyak ivent-ivent yang akan dihadapi.

"Kalau dulu kita tidak ada bonus tetap semangat untuk memberikan yang terbaik. Dan hari ini dengan ada bonus maka saya sangat berharap atlet-atlet bisa lebih bersemangat dan bisa lebih baik lagi," harapnya. (rep1)