Sport

Kekalahan Persipura Antar Sriwijaya dan Persib Raih Juara


JAKARTA - Kekalahan Persipura Jayapura 0-1 dari tim promosi tuan rumah PS Barito Putra dalam lajutan Indonesian Super League (ISL) sore ini (25/06) membuat peta persaingan perebutan gelar juara ISL kembali terbuka

Berdasarkan klasemen sementara Indonesian Super League (ISL) selisih poin Persipura dengan peringkat ke dua memang masih terpaut 13 point, namun Sriwijaya FC yang berada di posisi ini masih menyisakan 2 pertandingan lebih banyak dari Persipura. Saat ini Persipura sudah menyelesaikan 27 laga dengan 64 point, sedangkan Sriwijaya mengutit dengan 25 laga dan 51 poin, artinya jika Sriwijaya mampu memenangkan 2 laga sisa tersebut maka jarak akan merapat menjadi hanya 7 poin saja.

Tidak hanya Sriwijaya, Persib Bandung juga masih mempunyai kans untuk mengakhiri 19 tahun tanpa gelar liga Indonesia. Saat ini Persib hanya berselisih 14 poin dari Persipura namun Persib juga masih mempunyai 2 laga yang lebih banyak daripada Persipura, saat ini Persib sudah mengumpulkan 50 point dari 25 laga, artinya kalau Persib mampu memenangkan 2 sila laga maka jarak mereka akan semakin tipis yakni 8 poin saja.

Manager Sriwijaya FC Robert Herry menyambut antusias kekalahan Persipura ini, menurut Robert sebenarnya mereka sudah merasa tidak mampu mengejar Persipura lagi, target mempertahankan juara direvisi hanya merebut runner up saja, namun kekalahan Persipura ini kembali membuka asa Sriwijaya untuk mempertahankan gelar.

“Kemaren kami merasa peluang kami sudah habis, namun dengan kemenangan lawan Arema dan kekalahan Persipura dari Barito membuka peluang kami untuk mempertahankan gelar” ujar Robert.

Dengan adanya dua klub yang masih berpotensi kuat untuk menyodok kemapanan Persipura tentu saja membuat peta persaingan ISL makin memanas, tiga tim ini dituntut untuk konsentrasi penuh dalam menjalankan sisa pertandingan yang sudah memasuki fase akhir ini. Jika Persipura terpeleset gelar juara yang sudah didepan mata tidak mustahil akan melayang.

ISL Tetap Bergulir Di Bulan Ramadhan

Sementara itu CEO PT Liga Indonesia Joko Driono selaku pengelola Liga Super Indonesia memastikan jadwal ISL tetap berjalan pada bulan puasa tahun ini.

Ditemui di Jakarta (25/06) Joko menjelaskan seluruh klub masih akan menjalankan jadwal ISL pada bulan Ramadhan. ISL akan libur 1 minggu sebelum Idul Fitri dan kembali dilanjutkan tanggal 17 Agustus 2013.

“Ya 20 hari puasa ISL tetap melakukan kegiatan pertandingan, untuk menyiasati pemain yang menjalankan ibadah puasa maka seluruh pertandingan akan dijadwalkan pada malam hari setelah selesai shalat tarawih pukul 21.00” ujar Joko Driono.

Seperti yang kita ketahui klub-klub ISL musim 2012/2013 hanya menyisakan rata-rata 10 partai, dan diperkirakan mengakhiri musim ini paling lambat awal September dan kemungkinan musim 2013/2014 kembali bergulir akhir November 2013. (rep/01)