Parlemen

Pilgubri Diprediksi Dua Putaran?

PEKANBARU - Pengamat politik di Pekanbaru, Maxaxai Indra, memprediksi Pemilukada Riau bakal berlangsung dua putaran. Pasalnya, kelima pasangan yang maju memiliki kekuatan setara.

"Kalau saya lihat, semua kekuatan sama, tidak ada yang lebih satu sama lain. Karena tidak ada yang dominan, saya prediksi tidak hanya satu putaran," kata pengamat politik, Maxaxai Indra, Selasa (3/9/2013).

Kebanyakan cagub dan cawagub tersebut berasal dari sejumlah kepala daerah. Hal itulah yang membuat kekuatan peserta pemiluka akan terkosentrasi di wilayahnya. "Semua kandidat mempunyai plus dan minus. Jadi masyarakat mungkin kesulitan siapa yang akan dipilihnya," imbuhnya.

Seperti Bupati Rokan Hulu yang diusung Demokrat, kata Maxaxai, akan dominan di daerahnya. Begitu juga dengan Bupati Rokan Hilir (Rohil) Annas Maamun (diusung Golkar), Wakil Bupati Meranti Marsul Kasmy (Demokrat), Wakil Wali Kota Dumai, Agus Hidayat dan mantan Wali Kota Pekanbaru Herman Abdullah (diusung Gerinda) semua akan menjadi jago di kandangnya.

"Para kandidat tentu mempunyai basis massa di daerah masing-masing. Jadi kekuatan mereka terkotak-kotak di tempat mereka menjabat. Jadi kekuatan para kandidat ini hampir sama," tukasnya.
 
Dari lima pasangan yang muncul, dia menilai sejauh ini belum ada yang benar-benar disukai seluruh masyarakat. "Para kandidat yang tampil di panggung Pilgubri ini hanya kalangan elitis (para pejabat), bukan dari kalangan yang muncul dari masyarakat," imbuhnya. (rep1)