Riau Raya

Wagubri : Seluruh Laporan BUMD Kembali Dievaluasi

PEKANBARU - Pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang dilaksanakan tahun ini, seluruh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Riau hasil laporannya tidak serta merta diterima begitu saja. Namun dilakukan evaluasi lebih dalam lagi oleh Pemprov Riau.
 
Demikian diungkapkan Wakil Gubernur Riau (Wagubri) H Arsyadjuliandi Rachman, kemarin di Pekanbaru. Menurutnya, pasca RUPS sebelum 30 Juni, seluruh perusahaan daerah menyampaikan laporan kinerja selama setahun terakhir.
 
‘’Di mana untuk pertanggungjawaban laporan keuangan, semua yang diserahkan dari BUMD yang sudah melakukan RUPS belum kami terima begitu saja. Karena akan dievaluasi lebih jauh lagi,’’ tegas Wagubri.
 
Karena selain melakukan evaluasi, juga audit terhadap laporan dengan mempelajari skema penggunaan anggaran dan kegiatan dari sektor yang dikerjakan oleh seluruh BUMD, mempelajari kepatuhan dalam sektor yang dikerjakan, agar perusahaan daerah tidak mencari keuntungan untuk internal saja.
 
‘’Perusahaan daerah kita harus berkontribusi positif bagi masyarakat Riau. Jadi mulai tahun ini, tidak serta merta laporan diterima, tapi akan didalami demi pembenahan jika ada kesalahan dan kekurangan,’’ sambungnya. Dari hasil evaluasi nanti, maka Pemprov Riau selaku salah satu pemegang saham akan membahas lebih lanjut bersama jajaran direksi dan manajemen, dalam sebuah RUPS Luar Biasa (LB).
 
Secara keseluruhan diungkapkan Wagubri hanya PT Riau Airlines yang belum melaksanakan RUPS hingga batas waktu yang ditentukan. Sementara perusahaan daerah lainnya, PT Riau Petroleum belum memiliki laporan keuangan karena belum melaksanakan pekerjaan.(rep05/rpc)