Isyaratkan ISG Tetap Dipindah ke Jakarta

Menpora Tak Mau Kasih Harapan Semu untuk Riau


JAKARTA-Pupus sudah harapan Pemerintah Provinsi Riau untuk menjadi tuan rumah even internasional, Islamic Solidarity Games (ISG) III. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo menyatakan bahwa keputusan pemindahan evan itu dari Pekanbaru ke Jakarta sudah final.

"Jadi saya katakan sudah final. Rapat dengan Menko Kesra (8 Mei 2013) hanya sebuah rapat yang ingin menegaskan pemindahan itu, karena memang dengan berbagai alasan dan saran yang ada, tidak mungkin melaksanakannya di Pekanbaru," kata Roy Suryo menjawab JPNN.COM, melalui sambungan telepon di Jakarta, Sabtu (4/5) malam.

Menpora menjelaskan, sebenarnya dirinya tidak ingin memberikan harapan semu pada masyarakat Riau. Ditegaskannya pula, pemerintah selalu bersikap terbuka terkait alasan pemindahan lokasi pagelaran yang akan diikuti negara-negara Islam itu dari Pekanbaru ke Jakarta.

Mantan anggota DPR RI itu menjelaskan, pemindahan terpaksa dilakukan karena banyak hal. Dari sisi teknis saja, sebutnya, banyak venue di Pekanbaru yang tak memenuhi persyaratan sebagaimana ditetapkan Islamic Solidarity Games Federation (ISSF). Misalnya venue untuk olah raga aquatic, renang hingga panahan.

Namun, kata Rou, yang paling penting dalam masalah teknis adalah kelayakan stadion utama. Sebab menurut konsorsium (KSO) yang menjadi kontraktor pembangunan main stadium untuk PON lalu itu, Pemprov Riau masih menanggung hutang Rp 240 miliar. Salah satu yang menjadi kendala saat ini adalah status hukum Gubernur Riau Zainal.

"Saya sudah mencoba bantu Pak Rusli tentang bagaimana mekanisme pembayarannya. Tapi baik BPKP, BPK, bahkan KPK sendiri menyatakan, kalau saya justru malah memberikan kesempatan kepada seorang pejabat daerah yang sedang dalam status tersangka untuk kemudian menandatangani penyelesaian pembayaran, saya bisa tersangkut," tuturnya.

Untuk mematangkan persiapan ISG Jakarta, tambahnya, pada 8 Mei mendatang akan digelar rakor di kantor Kemenko Kesra dengan menghadirkan semua pihak terkait. Roy memastikan kebijakan ini sudah disepakati KOI, KONI, panitia Pusat dan ISSF Indonesia.

Roy menambahkan, pemindahan lokasi ISG dari Riau ke Jakarta itupun sudah mendapat persetujuan Presiden. Karenanya, saat ini tengah disiapkan pula rancangan Peraturan Presiden (Perpres) tentang ISG III di Jakarta. (rep02)