Riau Raya

Pesawat Rusak Pembuat Hujan Rusak, Kabut Asap Makin Tebal

PEKANBARU-Pesawat penebar garam Cassa-212, yang difungsikan untuk melakukan Teknologi Modofikasi Cuaca (TMC), tidak dapat dioperasikan karena rusak. Dalam antisipasi cepat, satgas udara akan mendapat bantuan dari Hercules, untuk melakukan penebaran garam demi terjadinya hujan buatan.
 
Kolonel Penerbang Andyawan, menyatakan, pada Jumat kemarin (7/3/2014), pesawat Cassa-212 mengalami kerusakan pada boosterpam, maka hari ini Sabtu (8/3/2014), pesawat tersebut harus dikandangkan, hingga menunggu spare part yang dikirim dari Bandung. 
 
"Ada sedikit kerusakan kemaren (Jumat, red), maka hari ini kita istirahatkan dulu. Namun tadi pagi kita sudah menerima informasi, bahwasanya pusat akan kirimkan pesawat Hercules sebagai pengganti sementara, sambil menunggu spare part tiba disini,'' ujarnya.
 
Ditambahkannya, saat ini Satgas udara hanya mengandalkan pesawat Water Bombing, yang akan melakukan bom air. "Hari ini kita water bombing dengan pesawat di Cagar Clam Biosfer Siak Giam dan Meranti, serta heli Sikorsky akan kita fokuskan di Duri," paparnya.
 
Hingga hari ini, satgas udara sudah melakukan water bombing sebanyak 321 kali.
 
Sementara itu, laporan satgas darat sejauh ini akan terus melanjutkan kegiatan pemadaman di daerah Bengkalis dan Kampar, serta melakukan patroli di Inhu dan Inhil, yang sumber apinya sudah berhasil dipadamkan.(rep05/hrc)