Butuh Benih dan Pupuk

Palika Miliki Potensi Tanaman Pangan

BAGANSIAPIAPI - Meski berada di wilayah pesisir pantai, Kecamatan Pasir Limau Kapas (Pilika), memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi daerah penghasil tanaman pangan. Untuk mengoptimalkannya, petani lokal mengharapkan bantuan benih dan pupuk.

"Daerah sentra pertanian di tempat kita itu adalah di Kepenghuluan Pasir Limau Kapas. Luas lahan pertaniannya mencapai 1.500 hektare. Malahan, lahan itu sudah pernah disentuh program irigasi dari pihak Provinsi Riau," ujar Camat Palika, H Muhammad Nasir, Jumat (03/01).

Berkaitan dengan keberadaan daerah sentra pertanian, lanjut Nasir, perlu terus ditingkatkan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Rohil. "Program irigasi sudah. Dan tahap selanjutnya, yakni segera melakukan penanaman. Yang menjadi pertanyaan sekarang ini, masyarakat belum bisa melakukan penanaman. Karenan benihnya tidak ada," jelas Nasir.

Tambah Nasir, pihak Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Rohil diharapkan dapat memberikan bantuan berupa benih kepada masyarakat. Selain benih, turut dibarengi dengan pupuk. Sehinggga, masyarakat bisa mengoptimalkan lahan pertanian yang ada di Kepenghuluan Pasirlimau Kapas. "Ini harapan kita. Untuk membangkitkan potensi ini, kami sedang memerlukan bantuan benih dan pupuk," harapnya. (rep1)