Fokus Rohil

Banjir Mulai Kepung Bagansiaiapi

Kota Bagansiapipai rata-rata mulai dikepung banjir sejak beberapa hari terakhir seperti terlihat, Kamis (7/11/2013) di Kelurahan Bagan Timur. (rep1)

 

BAGANSIAPIAPI - Meski baru menggenangi sejumlah ruas jalan dan pekarang rumah warga Bagansiapiapi, banjir musiman di kota ini dikhwatirkan akan terus berlangsung. Pasalnya, intensitas hujan belakangan ini terus terjadi. Akibatnya, aktivitas warga mulai terganggu karena dikepung banjir.
 
Bahkan, warga mulai kesulitan mendapatkan air bersih meski hanya untuk mandi dan mencuci. Karena, sekeliling jalan Kota Bagansiapiapi, seperti di Kepenghuluan Bagan Jawa, Bagan Pesisir, Bagan Kota dan Bagan Timur rata-rata digenangi banjir. 
 
Sementara, daerah yang cukup parah dialami oleh warga di Kepenghulan Bagan Jawa dan Kelurahan Bagan Timur. Di daerah ini,
ketinggian air telah menenggelamkan sejumlah ruas jalan. "Setiap hari rasanya ketinggian air banjir terus bertambah. Lihat saja di daerah (Bagan Timur, red) ini, rasanya kami terkepung banjir," keluh Marpuah, salah satu warga yang rumahnya mulai terendam banjir, Kamis (7/11/2013).
 
Diakuinya, hujan yang melanda Bagansiaiapi hampir terjadi setiap hari. "Hujan tak kenal siang ataupun malam. Ditambah lagi sistem drainase yang buruk. Beginilah jadinya (banjir)," cetusnya.
 
Kondisi serupa juga dialami warga Kepenghuluan Bagan Jawa, Kecamatan Bangko, di sini, banjir mulai menutupi sejumlah ruas jalan. "Di sini banjir malah sudah setinggi 50 centi meter. Diperkirakan sekitar 100 Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya terancam kebanjiran," sebut Ruslan, salah satu warga setempat.
 
Ruslan berharap, masalah banjir dapat diatasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohil. "Setidaknya dilakukan pembersihan drainase jika banjir mau diatasi. Namun, di balik kita juga mengharapkan bantuan pemerintah buat kebutuhan sehari-hari," harapnya. (rep1)