Fokus Rohil

PHBS harus Ditanamkan Sejak Dini

Ketua Tim Penggerak PKK Rokan Hilir, Hj Latifah Hanum Annas dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Tanah Putih, Suryani Suryadi memberikan hadiah pemen

 

TANAH PUTIH - Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) terus mensosialisasikan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada warga demi menggapai kesehatan. Bahkan, PHB bagi PKK harus ditanamkan sejak dini seiring gerakan mencuci tangan. 
 
Hal ini dibenarkan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rokan Hilir, Hj Latifa Hanum Annas yang menghadiri kegiatan cuci tangan sedunia, Sabtu (26/10/2013), di halaman Kantor Camat Tanah Putih yang ditaja PKK Kecamatan Tanah Putih. 
 
Latifah Hanum mengatakan, peringatan cuci tangan sedunia digelar di Tanah Putih adalah bentuk upaya menjaga kesehatan secara bersama. "Dengan kegiatan cuci tangan sedunia. Secara otomatis apa yang selama ini kami sosialisasikan menyangkut PHBS dapat terwujud. Karena, PHBS tak lain untuk kepentingan masyarakat," sebut Latifa sambil menjelaskan seharusnya peringatan tersebut dilaksanakan, 15 November, tetapi karena banyak kegiatan lainnya maka dimajukan pelaksanaannya. 
 
Program PHBS, menurutnya akan terus dilanjutkan sampai warga Rokan Hilir benar-benar menjadikan kebersihan sebagai kebutuhan. "Makanya PHBS harus ditanamkan sejak dini. Kalau warga sudah merasa kebersihan menjadi kebutuhan, maka kita jamin mereka akan sehat. PHBS tentunya diawali dengan gerakan cuci tangan dengan sabun," terangnya.
 
Oleh karena itu, imbaunya, selain masyarakat umum, seluruh sekolah diharap mewajibkan siswanya menjalankan program PHBS tersebut. "Terutama perangkat desa, harus memberikan contoh yang baik kepada warganya. Untuk itu, mari kita sosialisasikan program PHBS dengan gerakan cuci tangan agar generasi kita bisa bebas dari penyakit," harap Latifah.
 
Selain Latifah, hadir dalam kegiatan rombongan PKK Rohil disambut Ketua PKK Tanah Putih, Suryani Suryadi, dan Camat Tanah Putih, Suryadi. Tampak juga anggota DPRD Rohil, Hj Rosmanita, Kepala Puskesmas Tanah Putih, dr Suarman, dan lainnya.
 
Ketua PKK Tanah Putih, Suryani Suryadi menambahkan, dalam kegiatan tersebut pihaknya juga menggelar lomba cerdas cermat PHBS antar kepenghuluan sebagai wujud menanamkan PHBS sejak dini. "Yang jelas bagaimana kita menginginkan warga sehat,' timpalnya. (rep1)