Gerakkan Penghijauan

16 Ribu Bibit Pohon akan Disebar

ilustrasi

BAGANSiAPIAPI - Dinas Kehutanan (Dishut) Rokan Hilir kembali akan menyebarkan 16 ribu bibit pohon dalam mendukung gerakkan penghijauan. Bibit pohon itu bakal di tanam di perkarangan kantor pemerintahan dan di pusat keramaian. 

 
"Tahun 2013 ini, kita akan tanam lagi 16 ribu bibit pohon Mahoni dan Matoa serta Karet di setiap pekarangan perkantoran yang ada di Rohil. Soal pengadaan bibitnya sudah dilakukan dan tengah dalam proses," ujar Kadishut Suandi, Kamis (3/10/2013). 
 
Diterangkannya, dengan wacana ini, maka gerakkan penghijauan bakal berjalan dengan baik untuk menekan pemanasan global. Apalagi, sebutnya, sepanjang tahun 2013, pihaknya sudah melakukan penanaman sebanyak 610 ribu pohon. "Selain di perkantoran, kita juga telah menanam pohon di pekarangan rumah warga, jalan lintas menuju jembatan Pedamaran, dan lainnya. Pkoknya sudah 610 ribu bibit pohon yang kita tanam," bebernya.
 
Disinggung mengenai pengadaan bibit pohon Mahoni dan Matoa terebut, secara rinci dikatakannya, untuk bibit Mahoni ada sebanyak 7.000 batang, Karet sebanyak 5.000 batang, dan Matoa sebanyak 4000 batang. "Bibit ini masih terbilang kecil dan masih akan dilakukan tahap perawatan. Karena, tingginya baru mencapai 1,5 meter, kecuali bibit Mahoni yang sudah cukup umur untuk dilakukan penanaman segera," sebutnya. 
 
Sebelum akhir tahun, lanjutnya, semua bibit tersebut harus ditanam. "Jika sudah layak tanam maka akan segera didistribusikan ke semua dinas. Sehingga, 2014 target kita terpenuhi bahwa Rohil sebagai daerah pendukung gerakkan penghijauan di Indonesia," harapnya. (rep1)