Jalan Lintas Pesisir Didanai APBN

Desember, Jembatan Pedamaran II Rampung

Pemkab Rohil menggelar kegiatan diatas jembatan Pedamaran yang tengah dikerjakan beberapa waktu lalu. (rep1)

BAGANSIAPIAPI - Pengerjaan jembatan Pedamaran II diyakini selesai Desember tahun ini. Mengingat, sampai saat ini progres pengejaannya sudah mencapai 70 persen, sedangkan jembatan Pedamaran I telah dirampungkan sejak Maret lalu.

Kini, Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kabupaten Rokan Hilir terus menggesa pekerjaan jembatan Pedamaran II agar secepatnya diresmikan. Sebab, jika kedua jembatan selesai dikerjakan, maka tinggal menagih janji Kementerian Pekerjaan Umum yang bersiap mendanai pembangunan jalan lintas pesisir yang melintasi kedua jembatan menghubungkan Bagansiapiapi-Pedamaran-Kubu-Panipahan hingga menembusi Tanjung Balai Asahan, Sumut.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas BMP Rohil, Nasri melalui Sekertarisnya, Budiman, Senin (30/9/2013). "Untuk jembatan Pedamaran I kan sudah selesai sejak beberapa bulan lalu. Sekarang kita tengah menggesa pengerjaan jembatan Pedamaran II yang direncanakan selesai akhir tahun ini," sebut Budiman.

Kedua jembatan kembar yang kini menjadi ikon baru Kabupaten Rokan Hilir itu telah menjadi obyek wisata unggulan daerah. Setiap harinya, pengunjung mulai memadati jembatan Pedamaran I meski hanya sekedar melepas santai. Apalagi, setiap hari libur pengunjung tak henti-hentinya memadati jembatan untuk mengabadikan foto sebagai kenang-kenangan pernah berkunjung ke daerah tersebut.

Apalagi, di areal mulut jembatan kini telah dibangun taman bermain demi memberikan kenyamanan bagi pengunjung. "Semoga saja tahun ini bisa diselesaikan tepat waktu untuk jembatan Pedamaran II, dan kita optimis itu. Karena Pemerintah Pusat sudah menjanjikan mendanai pembangunan jalan lintas pesisir itu," katanya.

Namun, disinggung mengenai kepastian peresmian jembatan, Budiman enggan berspekulasi. "Yang jelas peremian belum dapat dipastikan.  Kita hanya fokus mengerjakan tanggungjawab kita saja memburu akhir tahun ini selesai untuk jembatan Pedamaran II," sebutnya. (rep1)