Fokus Rohil

Jadi Minapolitan, Kota Bagansiapiapi Butuh Dukungan

Wabup Rohil H Suyatno kerab menggunakan beca sebagai alat transportasinya saat keliling kota Bagansiapiapi. (rep1)

BAGANSIAPIAPI - Program Kementrian Perikanan dan Kelautan untuk menjadikan kota Bagansiapiapi menjadi Kota Minapolitan patut mendapat dukungan semua pihak. Pasalnya, hasil perikanan di wilayah perairan Kabupaten Rohil sangat menjajikan.

"Kita dukung program Pemerintah Pusat untuk menjadi kota Bagansiapiapi menjadi Kota Minapolitan. Dukungan itu bukan hanya datang dari Pemkab saja, melainkan butuh semua kalangan yang ada di Rohil. Pasalnya, daerah ini kekayaan hasil ikannya luar biasa, makanya butuh peran serta masyarakat,” kata Wakil Bupati Rokan Hilir, H Suyatno, Senin (23/9/2013).

Menurutnya, program tersebut jelas memiliki langkah yang tepat dan bagus bagi kemajuan daerah Kabupaten Rokan Hilir. Sehingga apa yang diinginkan bersama bisa dapat tereealisasi dan menjadikan kota Bagansiapiapi menjadi daerah berpotensi dibidang perikanan. "Meski demikian,  sebelum program tersebut direalisasikan, alangklah baiknya dilakukan survey dan penelitian secara ilmiah, sehingga dapat ditentukan lokasi dan tempat yang sesuai," harapnya.

Jika sudah dilakukan survey dan penelitian secara ilmiah, harapnya, maka program tersebut benar-benar bisa dilaksanakan dengan baik dan tepat. "Pemkab Rohil selama ini terus berupaya  untuk menjaga kelestarian potensi hasil ikan. Meski hasilnya belum maksimal  karena masih maraknya pencurian ikan, kita bersyukur, ternyata Pemerintah Pusat  memberikan perhatian kepada Kabupaten Rohil. Dengan perhatian ini, kiranya kita dapat lebih meningkatkan kinerja yang baik, sehingga perhatian yang cukup luar bisa ini tidak sia-sia," ajak Suyatno.

Untuk itu, Suyatno berharap, jika program Minapolitan Bagansiapiapi ini berkembang pesat, maka otomatis kesejahteraan masyarakat semakin baik pula. "Kita juga terus mengingatkan kepada Dinas Perikanan dan Kelautan agar  terus berupaya mempertahankan dan menjaga potensi hasil laut sekarang ini, apalagi dahulunya memang dunia mengakui kalau Rokan Hilir merupakan penghasil ikan terbesar nomor dua didunia," harap Wabup. (rep1)