*Bantuan Pusat.

Rohil Terima Bantuan Sapi 100 Ekor.

ilustrasi

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir telah menerima bantuan sapi sebanyak 100 ekor, bantuan tersebut merupakan program Pemerintah pusat yang akan di serahkan langsung kepada masyarakat miskin yang tergolong kelompok ternak..

"2013 ini Rohil telah menerima bantuan 100 ekor sapi dari Pemerintah Pusat, dalam hal ini Dirjen Kementerian Partanian RI. bantuan ini telah di serahkan kepada masyarakat miskin di 15 Kecamatan se Rohil,"ujar Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan Rohil, Muslim. Kepada Rohilonline, Rabu (18/9) di Bagansiapiapi.

Menurutnya, bantuan sapi yang telah di serahkan ke masyarakat telah diserahkan melalui kelompok ternak dengan kakulasi 25 perkelompok yang ada setiap kecamatan se Rohil,"bantuan sapi ini di serahkan melalui kelompok ternak, satu kelompok telah menerima 25 ekor. Nah, kelompok ternak yang menerima bantuan sapi ini ada empat kecamatan seperti di Kecamatan Tanjung Melawan, Kecamatan Rimba Melintang, Kecmatan Batu Hampar, dan Kecamatan Sinoboi,"rinci Muslim. 

Sebutnya, bantuan sapi yang telah di serahkan ke masyarakat merupakan sapi yang sudah siap kawin, yang di datangkan langsung dari Propinsi Bali. dengan target produksi selama satu tahun sudah menghasilkan anak sapi,"pertumbuhan sapi yang telah di serahkan ini cukup baik dan cepat mendatangkan anak, dan dalam produksi sapi bantuan ini telah di sediakan satu kelompok mendapatkan 2 sapi jantan, dan 23 sapi betina. 25 sapi tersebut yang akan di pelihara hingga berpenghasil anak sapi oleh kelompok ternak yang di tujuk,"tegas Muslim.

Sapi bantuan, lanjutnya. Masyarakat tidak di bolehkan untuk menjual apalagi memotongnnya, namun masyarakat yang katagori kelompok ternak tersebut bisa menyerahkan kembali kepada dinas terkait, supaya dapat di serahkan kepada kelompok ternak lain,"dan saya tegaskan kepada masyarakat (kelompok ternak, red) yang telah menerima bantuan sapi jangan mencoba untuk menjual maupun untuk di potong, karna ada sangsi yang akan di berikan. Bagamainapun namanya bantuan pemerintah pasti ada perjanjian. Dan di harapkan kepada masyarakat kalau ada sapi bantuan sakit agar bisa secepatnya menghubungi dinas terkait (dinas perternakan, red) supaya secepatnya di berikan pertolongan, karna saat ini Pemkab Rohil telah menyewa dokter hewan untuk menangani hewan ternak di Rohill, dan dokter tersebut telah di tempatkan di beberapa kecamatan se Rohil,"tutup Muslim.(rep7)