Sosialita

Masa Sih Orang Berpenampilan Menarik Mudah Dapat Kerja

Jakarta-Jika ada yang menyamakan proses melamar kerja dengan kontes kecantikan, bisa jadi mereka ada benarnya. Penelitian terbaru mengungkap bahwa orang yang berpenampilan menarik, yang cantik atau tampan lebih berkemungkinan mendapat pekerjaan dibandingkan dengan orang yang berpenampilan tak menarik.

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Italia ini mengamati 11.009 lamaran di Italia mulai Agustus 2011 hingga September 2012. Mereka menemukan bahwa seringkali pelamar yang dipanggil adalah mereka yang mengirimkan lamaran dengan foto diri yang menarik, seperti dilansir oleh Daily Mail (12/09).

Wanita berpenampilan menarik berkemungkinan 54 persen lebih sukses untuk diterima, sementara pria yang menarik berkemungkinan 47 persen lebih tinggi untuk diterima. Ironisnya, lamaran yang dikirim wanita berpenampilan kurang menarik hanya berkemungkinan sukses tujuh persen. Sementara pria yang tak menarik berkemungkinan 26 persen dipanggil.

Saat ini mengirimkan lamaran atau mengunggah data diri dengan foto yang menarik tampaknya telah menjadi tren di kalangan para pencari kerja. Salah satunya adalah melalui jejaring sosial untuk profesional seperti LinkedIn.

Bagaimana pendapat kalian tentang hasil penelitian di atas? Apakah kalian juga pernah mengalami penolakan kerja hanya karena masalah penampilan? (rep05)