Sosialita

Petani Girang Harga Sawit Naik

PUJUD - Petani kelapa sawit mulai girang naiknya harga jual Tandan Buah Segar (TBS) hasil penen mereka belakangan ini. Sebab, harga TBS yang sebelumnya cuma Rp1.000 per kilogram, kini menjadi Rp1.500 per kilogram.

Girangnya petani sawit ini dapat dirasakan petani di Kecamatan Pujud. Meski mereka menilai kenaikan harga masih jauh dari yang diharapkan, tetapi setidaknya kondisi itu sedikit mengobati keresahan. "Asal jangan seperti sebelumnya cuma Rp1.000 p[er kilogramnya. Kini kami merasa senang lah sedikit karena harga  TBS naik jadi Rp1.500 per kilogram. Semoga kenaikan ini bisa terus berlanjut," kata Pairin, Rabu (6/11/2013).
 
Menurutnya, sejak awal tahun 2012 lalu, harga sawit anjlok. "Ya baru bulan Oktober 2013 ini harga sedikit bagus. Kan awal Oktober naik berangsur hingga Rp1.400 dan sekarang Rp1.500," tutur Pairin.
 
Menurut informasi di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dan pengepul, harga sawit berada di Rp1.560 per kilogram. Untuk itu, Pairin berharap agar harga tetap normal dan tidak anjlok kembali. "Kita harap harga dapat bertahan saja jadilah. Sukur-sukur malah naik lagi," katanya dengan penuh harapan. (rep1)