Fokus Rohil

HUT Rohil ke 14, Ratusan Drum Band Se Rohil Adu Kepintaran.

BAGANSIAPIAPI - Ratusan Drum Band yang ada se Kabupaten Rokan Hilir akan beradu kepintaran dalam audisi festival  band yang di laksanakan oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olah raga (Disbudparpora), festival ini dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Rokan Hilir yang ke 14 tahun pada 6 Oktober mendatang.

"Dalam memeriahkan HUT Rohil ke 14 mendatang, Disbudparpora akan melakukan audisi festival drum band, dalam audisi ini ratusan drum bend se Rohil akan beradu kepintaran, untuk mencari yang terbaik,"ujar Kepala Disbudparpora Rohil, Tarmizi Majid, di dampingi ketua Panitia, Firdaus. Kepada Rohilonline, Selasa (11/9).

Menurutnya, Festival yang dilaksanakan akan di ikuti oleh seluruh drum band se kecamatan se Rohil, namun sebelum puncak acara akan dilakukan akan seleksi atau audiensi, kemudian yang akan menang dari audiensi tersebut akan berhak mengikuti konstestan selanjutnya.

"jadi saat ini ada ratusan peserta yang sudah mendaftar, pendaftaranya mulai tutup dilakukan hari ini (kemaren, red). dari peserta ini akan di lakukan seleksi dan diaudiensi dulu, artinya sistem gugur. Maka siapa yang terbaik akan berhak mengikuti konstestan selanjutnya. Dan Jadwal seleksinya akan di dilakukan hari sabtu (14/9, red) mendatangn, namun dalam seleksi ini akan memilih 15 drum band yang terbaik untuk di pertandingkan, yang lainnya maka akan gugur,"rinci Tarmizi.

Tambanya, Dalam festival para peserta harus membawa surat pengantar dari kecamatan masing-masing dan harus lulus pemeriksanaan darah dari bebasnya pengunaan narkoba,"jadi para peserta dalam pendaftaran ini terlebih dulu membawa surat rekomendasi dari kecamatan, dan akan dilakukan cek darah untuk melihat bebas narkoba dari BNKD Rohil, dan pemenang para peserta akan mendapatkan uang pembinaan dan tropi dari Disbudparpora Rohil,"kata Tarmizi.

Sementara itu. Camat Bangko, Hidayat mengatakan, hingga di bukanya pendaftaran festival drum band, pihaknya sudah banyak mengeluarkan surat rekemndasi kepada peserta band yang ikut,"ya, selama di bukanya festival Band oleh Disbukparpora Rohil saya sudah mengeluarkan sebanyak 40 surat pengantar rekomendasi kepada peserta band untuk di wilayah Bangko saja,"timpal Hidayat.(rep7)