Politik

KPU Rohil Tuntaskan Distribusi Logistik Pemilukada Riau

ilustrasi

BAGANSIAPIAPI - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Rokan Hilir telah menuntaskan pendistribusian logistik Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau 2013-2018 ke semua daerah. Pendistribusian tersebut dilakukan dengan pengawalan ketat dari kepolisian hingga sampai ke tempat tujuan.

"Hari ini (kemarin), sudah tuntas pendistribusian logistik Pemilukada Riau KPU Rohil telah selesai mendistribusikan semua logistik ke seluruh daerah. Pendistribusian tersebut dilakukan pengawalan kertat dari pihak kepolisian (Polres)," ujar Ketua KPU Rohil, H. Azhar Syahban melalui Sekretris KPU, Andi Rahman, Senin (2/9/2013) di Bagansiappiappi.

Dijelaskannya, pendistribusian di hari terakhir, Senin (2/9/2013) kemarin untuk Kecamatan Sinaboi dan Bangko, kedua kecamatan tersebut merupakan wilayah terdekat dari kantor KPU yang terletak di Bagansiapiapi.

"Sejauh ini prosesnya berjalan aman dan lancar hingga ke daerah. Memang ada satu kecamatan yang cukup berbeda pengiriman logistiknya yaitu Kecamatan Palika dengan mengunakan kapal laut, karena kecamatan ini berada di daerah pesisir. Sementara akses jalan darat masih cukup sulit dilewati bila mengunakan mobil," tutur Andi Rahman.

Tambahnya, sesuai dengan rencana tentatif, waktu yang telah ditetapkan diharapkan, Senin (2/9/2013) dan Selasa (3/9/2013) hari ini, logistik sudah standby di Panitia Pemungutan Suara (PPS) kecamatan. Dan total jumlah pemilih di Kabupaten Rohil mencapai 420,844 orang, dibagi dengan 1.320 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disebarkan di 176 desa/kelurahan," rincinya.

Adapun rekapitulasi jumlah TPS secara keseluruhan, lanjutnya, untuk Kecamatan Bangko sebanyak 194 TPS, Kecamatan Kubu 51 TPS, Kecamatan Simpang Kanan 61 TPS, Kecamatan Bagan Sinembah 266 TPS, dan Kecamatan Sinaboi 33 TPS. "Sedangkan Kecamatan Batu Hampar 18 TPS, untuk Kecamatan Rantau Kopar 16 TPS, Kecamatan Rimba Melintang 81 TPS, dilanjutkan Kecamatan Pasir Limau Kapas 86 TPS, Kecamatan Pujud 153 TPS, dan Kecamatan Bangko Pusako 124 TPS," urainya.

Selanjutnya, untuk Kecamatan Tanah Putih 128 TPS, Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan 27 TPS, Kecamatan Pekaitan 38 TPS dan kecamatan Kubu Babussalam 44 TPS. "Sementara berdasarkan Pemetaan pemilih berdasarkan jenis kelamin, jumlah pemilih laki-laki sekitar 216.306 orang dan pemilih perempuan sebanyak 204.538 orang," ungkap Andi Rahman. (rep1)