Enggan Beberkan

Zaini: Tiga SK Sekda Sudah Diteken Gubri

Sekdaprov Riau Drs H Zaini Ismail M Si

JAKARTA - Sekdaprov Riau Zaini Ismail mengungkapkan SK pengangkatan tiga nama Sekda di Kabupaten Bengkalis, Kampar dan Kota Pekanbaru, telah diteken oleh Gubernur Riau, HM Rusli Zainal. Penandatanganan SK tersebut sebagai wujud telah disetujuinya tiga dari sembilan calon Sekda oleh Kemendagri, yang diajukan oleh Sekda Riau, Kamis (18/7) lalu.

“Sudah disetujui oleh Kemendagri, calon-calon yang kita ajukan. Tiga nama itu juga sudah ditandatangani oleh Gubernur Riau, “ujar Zaini Ismail, usai menjenguk Rusli Zainal di Rumah Tahanan (Rutan) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Jakarta, Kamis (1/8).

Ditanya siapa saja nama tiga Sekda yang bakal menduduki jabatan Sekda di Kampar, Bengkalis dan Pekanbaru, Zainal enggan menyebutnya. “Yang jelas sudah disetujui Kemendagri dan diteken oleh Gubri. Tinggal pelantikannya saja,“ katanya.

Seperti diberitakan, sembilan nama yang diajukan oleh Sekda Riau adalah tiga calon dari  Pekanbaru, yakni Asisten III Setdako Pekanbaru yang juga menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Sekdako, Syukri Harto, lalu Kepala Bappeda Pekanbaru Sofyan dan Asisten I Setdako Pekanbaru, M Noer.

Tiga calon lainnya dari  Kabupaten Bengkalis yakni Asisten I, Burhanuddin, Kepala BLH, Khuzaini dan Kepala Inspektorat H Mukhlis. Selanjutnya tiga nama dari Kampar, yakni Asisten II Zulfan Hamid, Staf Ahli Bupati Kampar, Mawardes staf ahli dan Kepala Dinas Pendidikan, Jawahir.

Sembilan nama calon Sekda tersebut diajukan lantaran telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan oleh tim penguji Kepala Kesbangpolinmas Pemprov Riau Rizka Utama, Kabid Administrasi Kepegawaian BKD Riau, Asrizal, Asisten III Setdaprov Riau, Hardy Djamaluddin dan Kepala Inspektorat, Syamsurizal yang semuanya di bawah komando Kepala Baperjakat Riau, Zaini Ismail.

Menyinggung waktu pelantikan, Zaini berujar, sepenuhnya diserahkan kepada daerah masing-masing. "Untuk proses pelantikannya kita serahkan ke kabupaten/kota masing-masing. Yang jelas kalau nama-nama saya tidak bisa sebutkan," katanya.

Kerabat Terus Kunjungi RZ

Sementara dari Rutan KPK, sejumlah pejabat juga masih terlihat menunjukkan loyalitas dan dedikasinya dengan menemui Rusli Zainal di Rutan KPK, meski hanya berlangsung singkat.

Selain istri Gubri, Septina Primawati, juga terlihat Sekda Zaini Ismail, Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Emrizal Pakis, Kepala Biro Keuangan Setdaprov Jonli, Kepala Dinas perhubungan Surya Maulana dan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Bintang Reformasi periode 2004-2009, Bulyan Royan serta kalangan masyarakat dan simpatisan Gubri ikut mengunjungi Rusli. (rep1)