Fokus Rohil

40 bantuan Kapal Untuk Nelayan Rohil Siap Disalurkan

M Amin

BAGANSIAPIAPI - Dinas Perikanan dan kelautan (Diskanlut) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) akan melakukan sistem jempu bola dengan cara mengunjungi para nelayan laut maupun sungai yang ada dinegeri seribu kubah. Hal ini dilakukan agar bantuan itu benar-benar tersalurkan kepada nelayan yang berhak menerimanya. karna Pemkab Rohil melalui Diskanlut menganggarkan 40 Unit Kapal untuk para Nelayan dan siap untuk di salurkan.

"Tahun ini Diskanlut Rohil telah menganggarkan bantuan kapal untuk nelayan sebanayak 40 unit. 20 unit kapal berkekuatan 1 GT yang nantinya diperuntukkan nelayan perairan sungai, sementara 20 unit lainnya berkekuatan 3 GT untuk nelayan perairan lautan,"kata Plt Kadiskanlut Rohil, M Amin Spi, Sabtu (2/4) di Bagansiapiapi.

Dikatakan, Sebelumnya bantuan kapal ini kita berikan kepada nelayan melalui proposal yang masuk kediskanlut Rohil, namun tahun ini bantuan itu akan diberikan melalui pendataan yang selektif dan mengunjungi rumah nelayan itu agar bantuan itu tepat sasaran,

Dilanjutkannya lagi, setelah pihaknya benar-benar memastikan nelayan yang gerhak menerimanya, barulah kapal tersebut diberikan kepada nelayan. "Kita yang akan jemput bola menemui dan mencari nelayan mana saja yang layak mendapat bantuan, karena sistem pengajuan proposal dinilai kurang efektif, "tuturnya.

Menurut Amin, ke 40 kapal itu akan diberikan kepada nelayan dalam waktu dekat begitu pemenang lelang diumumkan secara resmi."Sekarang sedang persiapan lelang 40 kapal motor itu, kalau sudah ada pemenangnya secara otomatis bantuan itu secepatnya disalurkan kepada nelayan, "katanya.

Dirinya juga berharap dengan bantuan yang diberikan nantinya bisa digunakan dengan baik oleh nelayan rohil. "pemkab tetap memperhatikan nasib nelayan untuk meningkatkan perekonomian, salah satunya dengan memberikan bantuan kapal dan alat tangkap nelayan lainnya, "pungkasnya. (adv/hms/krydi)