Fokus Rohil

Koperasi Bisa Mencapai Kemakmuran Masyarakat

Hj. Dahniar

BAGANSIAPIAPI - Assisten IV Pemkab Rohil, Hj. Dahniar mengatakan bahwa Koperasi bisa mencapai kemakmuran sebuah masyarakat. disamping itu sebuah tantangan pemerintah dalam melakukan pembinaan koperasi, sehingga sebuah koperasi dalam berkembang dan maju.

Demikian disampaikan Hj. Dahniar, Senin (14/12). menurutnya, Perkoperasian adalah bagian dalam memakmurkan masyrakat, supaya hal itu terwujud tentunya pemerintah daerah melalui instansi terkait melakukan berbagai pembinaan dan pelatihan dengan tujuan untuk memperkuat peran koperasi sebagai lembaga ekonomi yang handal dalam menghadapi gejolak perekonomian disutu daerah.

"koperasi merupakan pilar bangsa dalam memakmurkan masyrakat, untuk itu sangat perlu adanya persepsi dalam mencapai kemakmuran, hal ini tentunya menjadi tantangan pemerintah daerah selaku motifator dibidang perkoperasian, "kata Asisten IV Bidang Administrasi, Hj Dahniar Mkes.

Untuk menghadapi tantangan tersebut barang tentu sangat diperlukan upaya yang sungguh-sungguh dan bekelanjutan untuk mengembangkannya, karena perkembangan ekonomi saat ini mengalami perkembangan yang sangat cepat terutama terkait perdagangan bebas. "suatu hal yang sangat penting dan perlu menjadi perhatian bersama bahwa koperasi bukanlah hal yang mudah untuk mengembangkannya, "ujarnya.

Supaya Koperasi di Rohil ini bisa tumbuh dan berkembang, pemerintah kabupaten Rohil melalui Diskop UKM Rohil telah berusaha semaksimal mungkin melakukan berbagai pembinaan serta pelatihan agara koperasi bisa berkembang.

"kita berharap kepada koperasi yang telah mengikuti berbagai pelatihan diminta mempraktekan ilmunya didalam perkoperasian yang dipimpinnya, sehingga pelatihan yang kita berikan terkesan bermanfaat, "harapnya.

Dahniar menilai untuk mengaplikasi koperasi didaerah sumatra selama ini sangat sulit, makanya pemerintah terus melakukan berbagai pembinaan seperti pelatihan, sosialisasi dan berbagai kegiatan menyangkut perkoperasian. "bagi saya yang harus kita lakukan adalah memperkuat individu dan kelompok serta meningkatkan sumber daya manusia (SDM) nya, Selain itu metodanya juga harus bisa merubah prilaku dan sikap, "katanya.

Dilanjutkan mantan direktur RSUD Dr RM Pratomo Bagansiapiapi ini, menurutnya penjelasan uud 1945 telah dinyatakan bahwa bangunan usaha yang sesuai dengan kepribadan bangsa indonesia adalah koperasi. Karena koperasi merupakan gerakan ekonomi rakyat yang dijalankan berdasarkan asas kekeluargaan. Nah, inti dari koperasi adalah kerjasama antara anggota dan para pengurus dalam rangka mewujudkan kesejahteraan anggota dan masyrakat serta membangun tatanan perekonomian nasional, "pungkas Dahniar. (adv/hms/di)