Fokus Rohil

Jaga Pulau Terluar, Mess Pulau Jemur Dibangun

Bagansiapiapi-Untuk lebih meningkatkan pengawasan di Pulau Jemur, tahun 2015 akan dibangun mes prajurit TNI-AL. Hal itu diungkapkan Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Avianto Rooswirawan, belum lama ini.
 
"Tahun 2015 ini akan dibangun mes para prajurit tipe 36 dan 45 untuk petugas jaga agar lebih nyaman," kata Danlanal.
 
Selain itu juga akan dilengkapi dengan listrik solar sel, termasuk sarana komuniaksi HP satelit. Pembangunan ini kerja sama dengan Direktorat Listrik Navigasi Dumai.
 
Danlanal menambahkan, hal ini dilakukan agar pengamanana di salah satu pulau terluar itu bisa lebih diintensifkan. Apalagi laut ini berada di Selat Malaka dan jadi jalur perlintasan kapal-kapal besar.
 
Bahkan Danlanal menuding, untuk aktivitas Illegal Fishing juga sempat mencuat namun pihaknya melakukan pengawasan yang ekstra. "Kalau Illegal Fishing pasti ada, namun kita upayakan pengamanan yang maksimal," katanya.
 
Bahkan, untuk mempromosikan Pulau Jemur ini Danlanal akan cari event untuk kegiatan diving bersama. Ini dilakukan untuk lebih memperkenalkan dunia bahari yang ada di pulau jemur dan akan menggandeng Pemda Rohil. "Akan kita ekpose, baik cetak, internet maupun media elektronik," katanya.
 
Saat ini upaya yang dilakukan di Pulau Jemur untuk wilayah teritorial, di mana Pos TNI-AL di bawah pimpinan Danposal Pulau Jemur Letda Laut (P) Murti, A.Md rutin dijaga petugas piket. "Ada 2 petugas dan gantian selama 2 minggu sekali," katanya.
 
Saat ini juga sudah dibangun dan sudah terpasang survei geografis posisi, sejak 2009 sudah membuat patok wilayah (pemetaan) sebagai dasar bahwa Pulau jemur merupakan bagian NKRI.(rmc/kar)