Fokus Rohil

Pemkab Rohil Taja Program Penyelengaraan Jenazah

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) mengadakan pelatihan penyelenggaraan Jenazah. Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan ilmu keagamaan sekaligus memberikan penyempurnaan tentang tata cara pemandian dan penyemayaman jenazah dengan baik dan benar.

Selama ini jika ada orang meninggal dunia sering kali terlihat sanak keluarganya mondar mandir mencari orang untuk memandikan dan penyemayaman jenazah. Nah, Dengan pelatihan ini kedepannya diharapkan para peserta mampu untuk memandikan dan menyemayamkan jenazah sekaligus menerapkan ilmunya ketengah masyrakat, sehingga jika ada orang kemalangan tidak susah payah dan mondar mandir mencari orang untuk memandikan jenazah.

Demikian dikatakan oleh Plt Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi saat membuka Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah, Selasa (1/12) diaula Hotel Grand, Bagansiapiapi."Pelatihan ini hanya penyempurnaan tentang pemandian dan penyolatan jenazah, Dimana ilmu keagamaan ini sudah cukup langka dipelajari dan sangat banyak manfaatnya bagi umat islam, "ujarnya.

Surya Arfan berharap kepada peserta yang telah mengikuti pelatihan ini supaya jika ada orang kemalangan silahkan datang untuk membantu melakukan pemandian dan penyolatannya. "jangan gara-gara tidak diundang oleh pihak sanak keluarga yang mengalami kemalangan tidak datang pula, memandikan dan menyemayamkan Jenazah itu pahalanya sangat besar bagi kita, "pesannya.

Pelatihan Penyelenggaraan jenazah itu diikuti sebanyak 100 peserta yang berasal dari Pengurus Masjid, Imam Masjid, Pengelola Serikat Kematian sekabupaten Rohil. Pelatihan itu juga turut dihadiri oleh Asisten IV Bidang Administrasi, Hj Dahniar Mkes, Kabag Kesra Setdakab Rohil, HM Nur Hidayat SH, dan pejabat eselon pemkab Rohil lainnya. (adv/di)