Fokus Rohil

HUT Satpam Diisi Berbagai Atraksi

ilustrasi/net
UJUNG TANJUNG -  Puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Pengamanan (Satpam) ke-33, Senin (30/12) di halaman Markas Kepolisian Resort (Polres) Rokan Hilir (Rohil) diisi berbagai atrasi ketangkasan beladiri. Ratusan Satpam yang hadir dari di berbagai perusahaan menunjukkan ketangkasannya setelah lebih dahulu dilakukan upacara resmi yang dipimpin Kapolres AKBP Tonny Hermawan. 
 
Diantara barusan upacara yang hadir, tampak para perwira epolisian, unsur TNI, Brimob, para Camat, tokoh masyarakat, agama dan lainnya. Sambutan Kapolri Jenderal Polisi Drs Sutarman yang dibacakan Kapolres AKBP Tonny Hermawan, perkembangan teknologi dan informasi yang pesat serta isu-isu global demokratisasi, perlindungan hukum dan HAM, perlu diketahui oleh Satpam agar dalam menjalankan tugas bisa berjalan dengan baik.
 
Dengan begitu, sambung Tonny, kondisi itu tentunya membawa pengaruh yang sangat besar terhadap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang juga dibutuhkan petugas pengamanan. "Munculnya berbagai ancaman dan gangguan Kamtibmas di masyarakat, bila tidak dicegah dan ditangani dengan baik, maka menimbulkan berbagai gangguan nyata. Sehingga, bakal berujung pada kejahatan konvesional, kejahatan transaksional, terorisme, serta ganngguan lainya yang juga menjadi bagian penting dari Satpam," ujar Tonny.
 
Dilanjutkannya, seiring perkembangan waktu atas dinamika kamtibmas, Polri memerlukan dukungan dan peran serta masyarakat, salah satunya dalam bentuk pengamanan swakarsa, sebagaimana diamanatkan dalam pasal 3 ayat 1 UU No2 Tahun 2002. "Salah satu bentuk pengamanan swakarsa adalah bagian dari tugas Satpam. Untuk itu,  Satpam diharapkan dapat memberikan konribusi positif dalam rangka mendukung upaya pemeliharaan kamtibmas melalui kewenangan kepolisian," terangnya. 
 
Kapolres menilai, selama ini satuan pengamanan telah mampu menunjukan kinerjanya dengan baik dalam membantu Polri membina keamanan dan ketertiban masyarakat. Sejalan dengan itu, hingga akhir tahun 2013, Polri telah memberikan pelatihan dan sertifikat kepada 211.994 anggota Satpam di seluruh Indonesia. "Jumlah ini menunjukan peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya berada pada angka 192.969 orang," rincinya. 
 
Tonny berharap, seluruh personel satuan pengamanan termasuk Satpam dapat berperan aktif melindungi masyarakat. "Ini demi mendukung terciptkan situasi yang  kondusif atas upaya peningkatan kamtibmas si seluruh wilayah," pesan Kapolres. (rep1)