Nasional

Tiga Gerbong Kereta Angkut Jenazah Korban MH17

Jakarta - Kereta yang membawa jenazah korban MH17 dari zona konflik di Torez akhirnya tiba di Kharkiv, kota yang dikuasai oleh pemerintah Ukraina. Lima gerbong kereta, termasuk tiga gerbong dengan pendingin berisi 282 jenazah, telah sampai di lapangan pabrik senjata di mana tubuh korban akan dipindahkan dan diterbangkan ke Belanda. 
 
"Mungkin jenazah pertama akan tiba pada Rabu," kata Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, seperti dilaporkan The Guardian, Selasa, 22 Juli 2014.
 
Jumlah pasti jenazah belum bisa diverifikasi. Namun, pihak berwenang Ukraina telah memberikan Belanda peran utama untuk menyelidiki penyebab kecelakaan dan mengidentifikasi 189 warganya. 
 
Adapun pihak berwenang Ukraina mengatakan terdapat 282 mayat, termasuk bagian tubuh dari 16 tambahan milik korban, telah ditemukan. Pemimpin milisi pro-Rusia di Ukraina, Alexander Borodai, mengatakan masih ada 87 bagian tubuh, tapi tidak diketahui dari tubuh siapa bagian itu berasal.
 
Menurut Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE), tiga gerbong kereta dengan pendingin itu memuliki suhu antara 0 sampai 5 derajat Celcius. Namun, karena berada di tempat terbuka selama 48 jam sebelum ditemukan, kondisi jenazah akan mudah hancur. Namun, tim dari tiga ahli Belanda mengaku bahwa kondisi untuk menyimpan jenazah "dapat diterima". (rep01/tc)