Sosialita

Pekanbaru Bakal Miliki Laboratorium Halal

PEKANBARU - Akhir tahun 2013 ini, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bakal memiliki laboratorium Halal Food Center. Laboratorium ini didirikan dengan menggandeng Majlis Ulama Indonesia (MUI). 

Kepala Majlis Ulama Pekanbaru (MUI), Ilyas Husti membenarkan hal itu. Ia mengatakan, MUI tengah menyiapkan ruang laboratorium di Masjid Ar Rahman dangan menggandeng petugas dari Universitas Islam Riau (UIR), serta Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian dan Perternakan Kota Pekanbaru untuk menjalankan laboratorium.
 
"Untuk ruangan, tenagan kerja kita sudan siap 100 persen, namun untuk alat memang kita serahkan kepada Pemerintah kota, saat ini tinggal dipemerintah kota kapan akan dibeli alat tersebut,"  terangya, Senin (11/11/2013).
 
Dijelaskan, di akhir tahun 2013 ini, targetnya laboratorium Halal Food Center sudah diresmikan. "Kita hanya tinggal menunggu izin dari MUI Pusat saja lagi. Karena ini kebijakan yang sangat bagus. Makanya pendirian laboratorium Halal Food Center sangat dibutuhkan," terangnya.
 
Untuk diketahui, lanjutnya, masakan siap saji yang ada di Pekanbaru tidak semuanya bermerek label halal. "Makanya dengan adanya Hala Food Center ini, semua masakan siapa saji tersebut bisa diuji akan kehalalanya baik dari pengeolaahany, bahan maupun penyajianya," harapnya. (rep1)