Tugu Perjuangan tak Kunjung Berdiri

Veteran Tagih Janji Walikota

PEKANBARU - Peringatan Hari Pahlawan, 10 November, Minggu kemarin dijadikan para veteran untuk membuktikan niat Walikota Pekanbaru, Firdaus MT mendirikan tugu Perjuangan seperti yang dijanjikannya tahun 2011 lalu. Pasalnya, janji Firdaus kepada para pejuang kemerdekaan RI itu tak kunjung terbukti. 

Atas kejadian ini, Ketua Veteran Pekanbaru, Agus R, Minggu (10/11/2013), mempertanyakan sikap tegas Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru seperti janji Walikota Firdaus MT. "Kita ingin menagih janji Walikota, masa sudah dijanjikan sejak 2011, tugu Perjuangan sampai saat ini tak kunjung berdiri," sebut Agus.
 
Bagi Agus, peringatan Hari Pahlawan tahun ini sangat berharga. Diusiannya yang sudah renta, dirinya masih diberi kesehatan. "Terlebih dahulu, saya sangat senang peringatan hari yang bersejarah ini bagi seluruh rakyat Indonesia. Namun, untuk saat ini kita juga merasakan kekecewaan kepada Pemko, janji untuk membangun tugu perjuangan sampai saat ini belum terbukti. Entah sibuk, atau belum ada anggaran, kita tidak tahu. Tapi yang namnya janji, apalagi janji itu kepada pejuang, sangat miris kalau tidak ditepati," sebut Agus.
 
Di balik itu, jelas Agus, para Veteran pernah mengusulkan kepada Pemko agar nama-nama mereka dijadikan nama jalan di pekanbaru. Namun, lagi-lagi para pejuang menelan pil pahit. "Kita harap Walikota segera menepati janjinya. Cuma itu permintaan para veteran yang sudah berjuang demi Indonesia ini," lirihnya. 
 
Dilain sisi, ia juga prihatin melihat generasi muda, pemerintah dan masyarakat secara umum kurang mengerti nilai-nilai kebangsaan. "Contohnya saja, pada hari bersejarah ini tidak terlihat ada yang mengibarkan bendera sang merah putih baik itu di rumah, kantor dan maupun di kendaraan," keluhnya.
 
Sementara, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, mengucapkan sangat berterimakasih kepada para pejuang yang telah membawa Indonesia hingga sekarang ini. "Jasa para pahlawan Indonesia harus kita hormati. Karena mereka kita bisa mencicipi kebebasan saat ini. Untuk itu, peringatan Hari Pahlawan ini harus kita memaknai dengan kerja keras untuk ke depanya," sebut Ayat.
 
Disinggung mengenai janji tugu Perjuangan, Wawako mengatakan proyek itu dalam proses pengkajian. "Kita akan kaji itu untuk selanjut," timpalnya. Dalam peringatan Hari Pahlawan, Pemko Pekanbaru memberikan santunan kepada 300 Veteran dengan jumlah Rp.500 ribu per orang. (rep1)