Sport

Tim Davis Indonesia tertinggal 0-2 dari Taiwan

Tim Piala Davis Indonesia

Jakarta - Tim Piala Davis Indonesia tertinggal 0-2 dari Taiwan pada hari pertama babak play-off Grup I Asia/Oceania Piala Davis yang berlangsung di lapangan tenis Kaohsiung Yangming, Kota Kaohsiung, Taiwan, Jumat.

"Anak-anak tampil di bawah performa mereka sementara pemain Taiwan lebih siap baik dari segi mental maupun fisik," kata Kapten Tim Piala Davis Indonesia, Febi Widianto, dilansir ANTARA News dari Jakarta, Jumat (13/9/2013).

Petenis Indonesia Wisnu Adi Nugroho harus mengakui keunggulan tunggal pertama tuan rumah, Huang Liang-Chi dengan skor 0-6,1-6,3-6. Sementara itu petenis putra terbaik Indonesia saat ini, Christopher Rungkat, yang diharapkan mampu menyumbangkan angka, ternyata juga tak dapat mengatasi tunggal kedua Taiwan, Chen Ti. Christo, demikian ia biasa dipanggil tunduk 2-6,3-6,1-6 dari Chen Ti, peringkat 239 dunia.

"Christo yang saya harapkan bisa mendapat poin ternyata tampil di bawah performa dia," lanjut Febi, mantan petenis nasional. Wisnu, peringkat 1787 dunia, melewati set pertama tanpa mencetak angka. Petenis asal Tegal, Jawa Tengah itu, berusaha bangkit meskipun hanya mampu mencuri satu angka di set kedua 1-6.

Ia tampil lebih baik pada set ketiga, namun ketangguhan Liang-Chi yang merupakan pemain peringkat 228 dunia belum mampu ia tandingi. Wisnu akhirnya takluk 0-3 dari Liang Chi. Selanjutnya Christo, yang peringkatnya melorot dari 300-an dunia ke ranking 505 dunia ternyata belum kembali pada penampilan terbaiknya usai menjalani tur Eropa.

Christo kehilangan set pertama 2-6 dari Chen Ti. Petenis Indonesia yang pernah mencicipi juara ganda putra di kelas junior grand slam Prancis Terbuka 2008 itu semakin membuat lawannya di atas angin setelah kembali gagal membungkam Chen Ti, ia tertinggal 3-6 pada set kedua. Langkah Christo pun terhenti ketika kembali gagal mengambil set ketiga usai ditaklukkan Chen Ti 6-1.

Dengan kekalahan Wisnu dan Christo, Indonesia mau tidak mau harus mencetak angka pada hari kedua di nomor ganda dan ketiga nomor tunggal. Pertandingan ini merupakan pertaruhan Indonesia dan Taiwan untuk berebut posisi agar bertahan di Grup I. Jika kalah, salah satu tim harus rela terlempar ke Grup II Asia/Oceania Piala Davis. (rep1)