Sport

Kualifikasi Piala Eropa: Italia Hancurkan Norwegia 2-0

OSLO-Simone Zaza dan Leonardo Bonucci sukses membawa pasukan Gli Azzurri mengamankan tiga poin di kandang Norwegia dalam laga kualifikasi Piala Eropa 2016 Rabu (10/9) dini hari WIB.
 
Italia langsung memberikan ancaman saat laga baru berjalan tiga menit. Daniele De Rossi coba mengirim operan pada Zaza, tapi bola masih gagal menemui sasaran. Disusul oleh Matteo Darmian yang juga mengirim bola pada Zaza yang sepakan volinya masih mampu diblok pertahanan Norwegia.
 
Zaza baru mampu memaksimalkan momentum di menit 16. Setelah menguasai operan Mattia de Sciglio, pemain Sassuolo ini melepas tembakan ke arah gawang.
Bola sepakannya membentur Havard Nordtveit dan Orjan Nyland tak mampu menghalau bola yang berbelok masuk ke gawangnya. Zaza sukses mencetak gol perdananya bagi Italia.
 
Norwegia coba membalas empat menit kemudian saat Joshua King menyambut operan Per Skjelbred. Sayang, sepakannya masih meleset tipis dari gawang Buffon.
Belum sukses, King kembali mengancam 10 menit kemudian. Ia mencari ruang dan melepas sepakan dari sudut kotak penalti, namun bola masih mampu dihalau oleh baris pertahanan Italia.
 
Gli Azzurri terus mendominasi permainan, tapi mereka belum mampu menggandakan keunggulan. Jelang bubaran, Emanuele Giaccherini nyaris mencetak gol setelah kerjasama cantik De Rossi dan Sciglio berujung pada operan kepadanya.
Tapi gelandang Italia tersebut justru melepas tembakan ke atas mistar. Keunggulan satu angka Italia pun bertahan hingga turun minum.
 
Peluit babak kedua dimulai. Norwegia memberikan tekanan pada pertahanan Italia, tapi permainan mereka tampak kurang kreatif. King dkk selalu buntu ketika dihadapkan pada pertahanan rapat Leonardo Bonucci, Andrea Ranocchia, dan Davide Astori.
 
Conte melakukan pergantian ketika laga berjalan satu jam. Manuel Pasqual masuk menggantikan Matteo Darmian dan pergantian ini langsung membuahkan hasil. Bermula dari umpan silang Pasqual, Bonucci melompat dan menanduk bola masuk ke gawang Nyland. Penjaga gawang Norwegia ini tak bisa berbuat banyak.
 
Setelah itu Italia mendominasi laga. Norwegia sempat mengancam lewat tendangan jarak jauh, tapi tak juga menghasilkan. Sebaliknya, Italia nyaris memperlebar keunggulan lewat Zaza, tapi sepakannya masih membentur mistar gawang dan bola direbound oleh Florenzi namun dapat dihalau oleh kiper Norwegia.
Tuan rumah tak bisa berbuat banyak di sini, pasukan Conte terlalu rapat saat bertahan dan berbahaya ketika menyerang.
 
Peluit panjang pun akhirnya dibunyikan dan Antonio Conte sukses membawa pulang tiga poin. Awal yang manis bagi karir kepelatihannya bersama Gli Azzuri. (rep05)