Politik

Diiringi Motor Besar, Achmad Daftar ke Demokrat

PEKANBARU-Ribuan massa yang menaiki sepeda motor gede (moge) mengiring kedatangan Achmad menuju kantor DPD Partai Demokrat di Jalan Diponegoro, Pekanbaru. Bupati Rokan Hulu itu datang untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon Gubernur Riau melalui Partai Demokrat.

Achmad menjadi pendaftar pertama yang berminat menggunakan perahu Demokrat dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau pada September mendatang. Ketua DPC Partai Demokrat Rohul itu didampingi sejumlah petinggi DPC Demokrat se-Riau dan DPD Demokrat Riau, seperti mantan Ketua DPD PD Riau, Thamsir Rachman.

Selain diarak ribuan pendukungnya, kedatangan Achmad juga disambut atraksi kesenian reog Ponorogo. Dengan membawa berkas pencalonan, Achmad diterima langsung Panitia Penerima Pendaftaran Bakal Calon Gubernur Riau, drh Chaidir.

Kepada wartawan, Achmad mengaku optimis bakal mendapat dukungan DPP Partai Demokrat untuk maju di Pilkada Riau 2013 nanti. Dia mengaku telah didukung sejumlah petinggi DPP Partai Demokrat. "Kita yakin, DPP pasti akan mengusung kader terbaiknya untuk bertarung di Pilgubri ini," ujarnya.

Menurutnya lagi, pembukaan pendaftaran calon Gubernur Riau dari Partai Demokrat ini sebagai bentuk keterbukaan dan demokrasi partai berlambang bintang mercy ini kepada siapa saja yang berniat maju di Pilgubri.

"Demokrat ini partai yang terbuka bagi siapa saja, termasuk yang bukan kader demokrat, tetapi berniat untuk maju, bisa saja mendaftar. Jadi kita welcome-lah dengan siapa saja yang akan maju," ujarnya.

Achmad mengaku tidak gentar bersaing dengan Ketua DPD Demokrat Riau, HR Mambang Mit, untuk mendapat dukungan Partai Demokrat. Menurutnya, klaim kubu Mambang yang mengaku didukung Ketua Harian DPP Demokrat, Syarif Hasan, sah-sah saja.

"Sampai sekarang kan belum ada keputusan soal siapa yang akan diusung. Semuanya masih mungkin terjadi. Dan kita tentu sudah siap jika memang dipercaya," ulasnya.

Sementara itu Mantan Ketua DPD Demokrat Riau, Raja Thamsir Rachman secara terang-terangan mendukung Achmad. "Saya melihat demokrat sendiri akan berkembang dengan kepemimpinan kader terbaik seperti Achmad," tegasnya.

Mantan Bupati Indragiri Hulu ini menilai susunan struktural kepengurusan Partai Demokrat Riau saat ini belum menunjukkan dukungan kepada kader sendiri. "Jika Achmad yang terpilih, tentu akan akan ada perubahan struktural kepengurusan, yang memiliki hati nurani," tukasnya.

Sementara Ketua Tim 7 DPD Partai Demokrat Riau, drh Chaidir mengatakan, Achmad merupakan bakal calon gubernur Riau pertama yang mengembalikan formulir pendaftaran sekaligus mendaftarkan dirinya langsung kepada pihaknya.

“Kami tidak punya kapasitas untuk menyeleksi semua calon yang telah mendaftar. Semua berkas yang masuk, akan kami rekap secara utuh untuk dikirimkan ke DPP Demokrat dan DPP yang akan menyaring serta memutuskan satu nama,” tutupnya. (rep02/mtr)