Politik

Inilah Pembagian Kursi ala Prabowo-Hatta

Jakarta - Juru bicara tim kampanye nasional Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Ade Rosiade, menegaskan partai-partai yang tergabung dalam koalisi merah putih sepakat untuk membentuk koalisi permanen baik di pemerintahan maupun di parlemen.
 
"Kami telah sepakat bahwa presidennya dari Gerindra, wakil presidennya dari Partai Amanat Nasional, ketua DPR dari Partai Golkar, wakil ketua DPR dari partai-partai koalisi, dan ketua MPR dari Partai Demokrat," kata Ade saat dihubungi Tempo, Senin, 18 Agustus 2014.
 
Menurut dia, rencana koalisi permanen ini juga bakal ditingkatkan hingga daerah. Pernyataan koalisi hingga tingkat daerah ini juga pernah disampaikan Idrus Marham, Sekretaris Jenderal Partai Golkar, pada Ahad, 3 Agustus 2014. "Yang jelas arahnya akan ke sana. Kami ini kompak," kata Ade.
 
Poros koalisi Partai Gerakan Indonesia Raya berencana menempatkan Setya Novanto, Ketua Fraksi Golkar, sebagai Ketua DPR. Tapi, poros koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang menjadi pemenang pemilu merasa posisi Ketua DPR merupakan hak mereka. (rep01/tco)