Fokus Rohil

Bupati Rohil Ekspos Pembangunan SPN

ROKAN HILIR - Bupati Rokan Hilir (Rohil), Riau, Suyatno mempresentasikan perihal pembangunan Sekolah Polisi Negara (SPN) di Mabes Polri Jakarta selain juga persiapan rencana pemindahan sekolah tersebut.
 
Kepala Dinas Cipa Karya dan Tataruang (Cikataru) Rokan Hilir (Rohil), Suwandi, S.Sos membeberkan bahwa adanya kegiatan Expoos yang dilakukan di Jakarta kemaren, tujuannya mempresentasikan didepan kapolri perihal pembangunan Sekolah Polisi Negara (SPN).
 
"Baru -baru ini Pak Bupati Suyatno ke Jakarja, kami melakukan kegiatan expo untuk membaahas pemindahan Sekolah Polisi Negara (SPN) ke Rohil, Pak Bupati Suyatno menjumpai Kapolri Jendral Sutarman. Itu berarti, tidak lama lagi, sekolah itu bakal ada di Rohil,"kata Kepala Dinas Cipa Karya dan Tataruang Rohil, Suwandi,Suwandi, Minggu (17/8).
 
Dijelaskannya, Bupati Rohil menjumpai Kapolri, Selasa (12/8/14) pagi, dia langsung mempersentasekan kondisi actual SPN yang sedang dibuat di Rokan Hilir. dipaparkan juga bahwa semua pembangunan buat seperti SPN dan Mapol Air. Ini sudah lama secara bertahap dibangun dan kini sudah hampir selesai.
 
Lanjutnya, SPN dibangun dilahan seluas 20 hektare, tidak hanya itu, disekitar lahan ini juga dibangun berbagai perkantoran dan rumah dinas untuk pihak kepolisian. Namun demikian diusulakn pihak Kapolri agar SPN mempunyai wilayah seluas 25 hektare dan usulan tersebut disanggupi Bupati Suyatno.
 
“Kita bangun rumah perwira sebanyak 6 unit, Rumah Kopel 10 unit, Rumah Dinas Polair 4 unit lanjutan tahun 2014, Rumah Perwira 5 unit lanjutan tahun 2014,” tambahnya. 
 
Direncanakan, tahun 2014 ini semua selesai dan diharapkan SPN dan Mapolair bisa beroperasi secepatnya. “Target kita tahun 2015 sudah selesai dan kita gesa pembangunanya,” katanya. 
 
Dalam kunjungan kerja, Bupati Suyatno didampingi Kapolda Riau, Condro Kirono."Pak Bupati menyampaikan persentase dihadapan Kapolri serta petinggi kepolisian lainnya,” selanya..
 
Suwandi menambahkan, rencana pemindahan SPN ini diprakarsai oleh Gubernur Riau H Annas Maamun saat menjadi Bupati, kemudian dilanjutkan oleh Bupati Rohil H Suyatno. 
 
“Petinggi kepolisian sudah meninjau berkali-kali bangunan itu dan nampaknya akan selesai pada tahun ini dan hal itu sangat disambut baik,” kata Suwandi.
 
Siap Fungsi 2016
Kepala Dinas Ciptakarya dan Tataruang (Cikataru) Rohil, Suwandi, S.Sos, meyakini dan pasang target bahwa 2016 SPN siap di fungsikan, berlanjut dengan untuk mewujudkannya usulan Kapolri terkait sekolah Polisi wanita (Polwan) juga. 
 
"Kemaren juga pak Kapolri sempat mengusulkan agar kita (Rohil, red) juga membangun Sekolah Polisi Wanita, jadi hal ini perlu dipertimbangkan mengingat SPN saat ini belum difungsikan,"kata Suwandi.
 
Suwandi juga menegaskan bahwa saat ini pemda tengah mengupayakan agar SPN secepatnya pindah ke Rohil, sehingga Sekolah polisi khusus wanita juga akan didirikan.(rep01/MCRiau)