Politik

Sama Berat, Isu Korupsi Jokowi dan Prabowo

Jakarta - Isu korupsi Prabowo turut menjadi isu yang tinggi dibahas di media sosial. Persentase soal pembahasan tersebut mencapai 40 persen.
 
Data tersebut diperoleh media monitoring, Awesomemetrics, dalam rentang waktu satu bulan. “Prabowo diterpa isu jika dia terpilih, kasus korupsi koleganya akan menguap,” kata Marketing Komunikasi Awesomemetrics, Yustina Tantri, pada Tempo, Jumat, 6 Juni 2014.
 
Hal tersebut muncul setelah mitra koalisinya, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan, Suryadharma Ali, ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi untuk kasus dana haji. Muncul pula dugaan bahwa koalisi Gerindra berniat membubarkan KPK. 
 
Isu korupsi sama-sama menjadi isu utama dalam kampanye hitam bagi Prabowo dan Jokowi. Persentase percakapan isu korupsi dalam kampanye hitam terhadap Prabowo memiliki jumlah dua kali lipat dari isu korupsi terhadap Jokowi. “Tapi, pembelaan pendukung Prabowo cukup banyak,” kata Tantri.
 
Data-data tersebut dikumpulkan oleh Awesomemetrics dalam kurun waktu satu bulan, 6 Mei sampai 5 Juni 2014. Pemetaan soal kampanye hitam ini dilakukan berdasarkan isu di media sosial Twitter dan Facebook. (rep05)