Fokus Rohil

Bupati Annas Ingatkan Kualitas Pendidikan di Rohil

BAGANSIAPIAPI-Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir terus menggesa pembangunan di bidang pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang tangguh. Ke depan, Pemkab Rohil tetap melanjutkan pembenahan di bidang pelayanan pendidikan, gedung sekolah hingga fasilitas sarana dan prasarana lainnya, termasuk  peningkatan kualitas para tenaga pendidik.

Hal ini disampaikan Bupati Rohil, H Annas Maamun di Bagansiapiapi, beberapa waktu lalu. "Melalui peringatan Hardiknas, kita akan terus meningkatkan SDM yang tangguh dengan menggenjot mutu pendidikan untuk mencetak generasi bangsa yang berkualitas. Niat ini tentu diiringi dengan peningkatan pembangunan di bidang pendidikan oleh pemerintah daerah dengan melanjutkan pembenahan di bidang pelayanan pendidikan, gedung sekolah hingga fasilitas sarana dan prasarana lainnya, termasuk  peningkatan kualitas para tenaga pendidik," sebut Annas Maamun di hadapan ribuan pegawai yang mengikuti upacara Hardiknas.

Namun demikian, sebut Bupati Rohil, pembenahan sikap dan mental dari siswa serta tenaga pengajar tak terlepas bentuk dukungan pembangunan bidang pendidikan. Untuk itu, dirinya meminta siswa dan tenaga pengajar harus mengedepankan kedisplinan.  

"Pembinaan sikap dan mental para siswa dan tenaga pengajar sangat diperlukan sekali. Karena, generasi muda seperti siswa sangat rentan terhadap penyalahgunaan Narkoba. Malahan, masih ada anak-anak yang suka ngelem. Disinilah butuh kedisiplinan guru mendidik anak murid," pesan Annas yang saat kegiatan juga dihadiri Ketua DPRD, Nasruddin Hasan dan Sekda, Drs  H Wan Amir Firdaus M SI serta unsur muspida termasuk sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Rohil.

Intinya, lanjut Annas, seluruh siswa dan guru harus menegakkan disiplin untuk meningkatkan SDM di Rohil. "Tanpa menegakkan aturan yang tegas, mustahil kita bisa membangun SDM yang tangguh meskipun seluruh fasilitas pendidikan sangat memadai.  Apalagi selama ini tenaga pendidik yang hanya tamatan SMA dikuliahkan oleh Pemkab Rohil untuk mendapatkan gelar sarjana. Jadi jangan disia-siakan pengorbanan Pemkab Rohil itu untuk meningkatkan SDM di Rohil," tegasnya.

Sektor lain yang dapat mendukung peningkatan mutu pendidikan, sambungnya, menyangkut soal fasilitas sarana dan prasarana. "Pembangunan maupun rehab gedung sekolah terus dilanjutkan, karena ini program yang diprioritaskan. Semua sekolah yang kita bangun harus berlantai dua dan berkeramik dengan penunjang fasilitas yang memadai. Hanya saja, kita tidak mengetahui apakah masih ada sekolah yang rusak di Rohil, nah kalau masih ada yang rusak dan keberadaannya dapat mengganggu kelancaran proses belajar dan mengajar, segera informasikan agar segera kita perbaiki," kata Annas Maamun. (rep02)