Politik

Pemilu Turki: Sementara Partai Erdogan Unggul

Jakarta-Hasil awal penghitungan kertas suara dalam pemilihan lokal di Turki kemarin memperlihatkan Partai Pembangunan dan Keadilan (AKP), partai pimpinan Perdana Menteri Recep Tayyib Erdogan yang saat ini berkuasa, unggul setelah lebih dari 40 persen kertas suara dihitung. Ini seperti diberitakan stasiun televisi NTV.
 
Menurut laporan itu, hasil awal memperlihatkan AKP mengumpulkan 46,5 persen suara bagi majelis provinsi di seluruh negeri tersebut, seperti dilansir kantor berita Xinhua, Senin (31/3). 
 
Partai AKP meraih 39,1 persen suara dalam pemilihan umum lokal pada lima tahun lalu.
 
Laporan tersebut menyatakan kelompok oposisi utama Partai Rakyat Republik (CHP) memperoleh 28 persen suara, Partai Gerakan Nasional (MHP) mengumpulkan 14,7 persen suara, Partai Demokrasi dan Perdamaian (BDP), pro-Kurdi, mendapat 4,9 persen suara.
 
"AKP meraih keunggulan besar di Istanbul, kota terbesar di Turki, dan di Ibu Kota Ankara," kata Juru Bicara AKP, Huseyn Celik, kepada wartawan.
 
Namun, Mansur Yavas, calon utama dari CHP untuk Ankara, telah mengumumkan kemenangan atas wali kota petahana Melih Gokcek dari AKP, dan mengatakan dia menerima hampir 50 persen suara.
 
Sementara itu AKP telah mengklaim kemenangan di Istanbul, saat ketua provinsi partai yang memerintah tersebut Aziz Babuscu mengatakan Wali Kota petahana Kadir Topbas akan melanjutkan jabatannya.
 
Badan Tinggi Pemilihan Umum telah mengumumkan sebanyak 52.695.831 orang memenuhi syarat sebagai pemilih untuk memberi suara di 177.044 tempat pemungutan suara (TPS) di 81 provinsi di seantero Turki.
 
Pemungutan suara dimulai pada pukul 07.00 waktu setempat (12.00 waktu Jakarta) di Provinsi Turki Timur dan berakhir pada pukul 16.00 waktu setempat (21.00 waktu Jakarta). Di bagian barat negeri tersebut, pemungutan suara berlangsung pukul 08.00 waktu setempat (13.00 waktu Jakarta) dan berakhir pada pukul 17.00 waktu setempat (22.00 waktu Jakarta). (rep05)