Fokus Rohil

Pasar Bintang Bagansiapiapi Bakal Direnovasi

Kadis Kebersihan Pasar dan Pertamanan Rohil, Suwandi

BAGANSIAPIAPI - Dinas Kebersihan Pasar dan Pertamanan (DKPP) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) akan merenovasi Pasar Bintang, Bagansiapiapi untuk melengkapi fasilitas dalam waktu dekat. Renovasi yang dimaksud untuk menata pasar agar fasilitas sarana dan prasarana yang diperlukan dapat memuaskan pedangang dan pembeli.

"Pasar Bintang memang harus segera direnovasi, terutama lapak pedagang. Selain membenanhi dan menata Pasar Bintang, fasilitas sarana dan prasarana perlu segera dilaksanakan," papar Kepala DKP Rohil, Suwandi, Rabu (26/3/14).

Fasilitas sarana dan prasarana yang perlu untuk dilengkapi itu, lanjut Suwandi, yakni lapangan parkir kendaraan baik roda dua maupun empat. Selain itu, menyediakan arus listrik serta air bersih. "Fasilitas seperti ini, sangat perli untuk kita siapkan. Bahkan semua sangat mendukung kelancaran bagi para pedagang itu sendiri," kata Suwandi.

Suwandi menjelaskan, Pasar Bintang tersebut diperkirakan mampu menampung sekitar 200 pedagang. "Dari hasil pendataan yang kita laksanakan di Pasar Datuk Rumbiah, terdapat sebanyak 150 pedagang harian yang baru. Dan, pedagang yang baru itu, kita rencanakan untuk dipindahkan ke Pasar Bintang ini," ujarnya.

Suwandi mengakui, Pasar Bintang harus dikelalo dengan serius oleh investor. Pasalnya, beberapa waktu lokasi ini dinilai kurang strategis hingga berujung sepinya pengunjung. Pahadal anggapan itu sudah ditepis DKPP sebelunya. "Kalau dibilang sepi pengunjung dan pembeli, rasa tidak mungkin. Aritnya, dimana ada pasar, di situ ada pembeli.
(rep1)