Nasional

Penumpang di Bandara Padang Telantar Karena Asap

Jakarta-Akibat kabut asap tebal, ratusan penumpang di Bandara Internasional Minangkabau, Padang Pariaman, Sumatera Barat, telantar. Ini menyusul berhentinya penerbangan di bandara itu karena jarak pandang yang sangat dekat.
 
Setidaknya pada Jumat sore hingga malam, 14 Maret, ada 24 penerbangan yang tertunda. "Para pilot tak berani menjalankan pesawat karena jarak pandang tak sampai 1000 meter, jarak aman penerbangan sipil," kata petugas bandara Rian Hadihito.
 
Kondisi ini sudah berlangsung sejak beberapa pekan lalu, sejak semula kota di Sumatera Barat diselimuti kabut asap kiriman dari kebakaran hutan Riau.
 
Pantauan tvOne, para penumpang hanya bisa pasrah, menunggu bandara dibuka lagi. Mereka istirahat sambil duduk-duduk dan tiduran di terminal bandara.
 
Namun, tak sedikit dari mereka yang kecewa dengan pelayanan maskapai. Sebab, selain tak ada kejelasan informasi, fasilitas dan akomodasi tunggu juga tak memadai.
 
Muklis, misalnya, rombongan jamaah umrah ini terkatung-katung tak jelas. Sedianya dia akan terbang ke Jeddah, Arab Saudi. "Kami cuma bisa pasrah," katanya. (rep05)