Takut Meluas ke Pemukiman

Warga Bagansiapiapi Begadang Jaga Karhutla

ilustrasi/net

BAGANIAPIAPI - Sekitar 2 hektar (Ha) lahan perkebunan karet dan sawit di Batu Empat, Kepenghuluan Bagan Punak, Kecamatan Bangko, Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) hangus terbakar. Akibatnya, warga sempat panik dan memilih begadang, Sabtu (8/3) dinihari karena lokasi kebakaran dekat dengan pemukiman untuk berjaga-jaga. Belum diketahui sumber api berasal dari mana.  

Semula, kobaran api baru diketahui sekira pukul 15.00 WIB dan terus meluas hingga dinihari. Ironisnya, begitu tim Pemadam Kebakaran (Damkar) yang hendak menjinakkan api, terpaksa balik kanan karena lokasi tak bisa ditempuh akibat jalan menuju kebun itu terlalu sempit di antara rumah penduduk.

"Dari pada rumah kita ikut terbakar, mending pelih begadang berjaga-jaga sambil berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Sebab, lokasi kebun berada diujung pemukiman penduduk, sementara mobil kebakaran tak bisa masuk menuju kebun itu karena jalan perumahan sempit," ujar Hendra diaamini istrinya, Hariyani.

Akibat kebakaran di lahan perkebunan itu, warga merasa kesal atas ulah orang yang tak bertanggungjawab tersebut. "Kami rasa tak mungkin pemilik kebun yang membakarnya. Sebab kebun itu selama ini dijaga dan dirawat. Kita juga tidak tahu dari mana asal api datangnya. Karena di dekat perkebunan tidak ada warga yang membuka lahan," sebut Hendra. (rep1)