Politik

Inilah Partai-partai yang Dana Kampanyenya Paling Banyak

Jakarta-Dalam laporan dana kampanye tahap kedua kepada Komisi Pemilihan Umum, Minggu 2 Maret 2014, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) mencatat saldo dana terbanyak di antara partai lainnya.
 
Total dana kampanye Gerindra yang dilaporkan pada tahap kedua mencapai Rp306 miliar. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan laporan dana kampanye partai peserta pemilu 2014 lainnya.
 
Antara lain PDI Perjuangan (Rp220 miliar), Partai Golkar (Rp174 miliar), Partai Amanat Nasional (Rp170 miliar), Partai Nasdem (Rp139 miliar), Partai Demokrat (Rp129 miliar), Partai Hati Nurani Rakyat (Rp104,7 miliar).
 
Partai lainnya bahkan dalam pelaporan tahap kedua ini melaporkan dana kampanye di bawah Rp100 miliar. Antara lain Partai Persatuan Pembangunan (Rp95,8 miliar), Partai Keadilan Sejahtera (Rp82 miliar), Partai Bulan Bintang (Rp29,6 miliar), Partai Kebangkitan Bangsa (Rp15,5 miliar), Partai Keadian dan Persatuan Indonesia (Rp1,3 miliar).
 
Laporan tahap kedua ini sudah dimulai sejak Jumat, 28 Februari 2014, dimulai PDI Perjuangan dan PBB. Lalu diikuti dengan PKB, Nasdem, PKS, dan PKPI pada Sabtu, dan yang terakhir Gerindra, PPP, PAN, Golkar, Hanura, serta Demokrat pada Minggu, mendekati batas waktu pelaporan.
 
Menurut Komisioner KPU Ida Budhiati, KPU akan memulai memproses verifikasi kelengkapan data-data yang telah diterima selama tiga hari terhitung mulai dari 3 hingga 5 Maret 2014. 
 
Jika ada yang belum lengkap, kami akan memberikan kesempatan untuk melengkapi atau memperbaiki dalam waktu lima hari setelah parpol menerima pemberitahuan dari KPU," ujar Ida dalam jumpa pers di KPU, Jakarta.
 
Ia juga mengatakan bahwa setelah proses verifikasi dokumen dan data yang berlangsung hingga tanggal 5 Maret mendatang, KPU akan mengumumkan hasil ke publik. Masyarakat juga nantinya dapat melihat langsung di website resmi KPU. (rep05)