Sosialita

3 Jurus Gampang Hilangkan Jerawat

Tiga langkah mudah berikut dapat Anda coba untuk menghilangkan jerawat  'penghias' wajah. 
 
1. Bersih-Bersih
Langkah pertama yang mesti Anda lakukan ialah menjaga kulit wajah tetap  bersih. Caranya cukup sederhana. Bersihkan wajah secara lembut dengan  menggunakan pembersih wajah yang bebas minyak dan bebas pewangi. Sebaiknya  gunakan pembersih wajah nondeterjen dan memiliki pH seimbang. 
Jika seluruh wajah Anda berminyak, gunakan pembersih yang mengandung  benzoil peroxide atau salicylic acid. Hindari scrub  untuk sementara. Butiran scrub dapat mengiritasi kulit dan membuat  pori-pori semakin terbuka lebar. Lalu, lupakan toner, kecuali jika  kulit Anda memang sangat berminyak. Jika tidak, toner bisa membuat  kulit Anda tambah kering. 
 
2. Perawatan
Oleskan obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide, glycolic  acid, atau salicylic acid di seluruh wajah, bukan cuma di bagian  yang berjerawat saja. Di malam hari, lanjutkan dengan pemakaian produk  drying spot-treatment dan pelembab bebas minyak di bagian wajah yang  kering. Paginya, oleskan tabir surya bebas minyak di seluruh wajah. 
 
3. Samarkan
Agar tidak mengganggu penampilan, Anda bisa menyamarkan jerawat. Gunakan  bulu sikat kosmetik (brush) ukuran kecil untuk mengoleskan concealer  atau krim alas bedak. Ingat, pilih yang warnanya senada dengan warna kulit  Anda. Oleskan di bagian yang berjerawat. Hapus sisa concealer atau  alas bedak di sekitar jerawat dengan ujung jari. Jika perlu oleskan  coat of concealer. Setelah itu, Anda bisa menggunakan bedak seperti  biasa. Agar bedak tidak terlihat menumpuk atau lebih tebal di bagian wajah  yang berjerawat, ratakan dengan brush.  (rep05)