Siapkan Infrastruktur dan SDM

Pemkab Bengkalis Kembangkan Pariwisata Rupat

Pulau Rupat Bengkalis
BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten Bengkalis tengah menyiapkan infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal untuk mengembangkan obyek pariwisata Pulau Rupat. Sebab, potensi alam Pulau Rupat diyakini dimiliki potensi untuk mengangkat pariwisata lokal hingga ke manca negara. 
 
Hal itu dikatakan Bupati, H Herliyan Saleh, baru-baru ini. "Potensi alam yang dimiliki Pulau Rupat sangat berpeluang untuk dikembangkan menjadi lebih baik. Salah satu langkah ke arah itu, dengan mengembangkan pembangunan infrastruktur dan penguatan SDM yang handal," tutur Herliyan.
 
Perlu diketahui, sambungnya, sektor pariwisata merupakan hal penting untuk memberikan kontribusi memajukan perekonomian daerah. "Bagi Kabupaten Bengkalis, potensi yang dimiliki di sektor pariwisata sangat banyak sekali. Baik itu wisata bahari, wisata budaya maupun wisata sejarah,” ujar Herliyan Saleh dilansir halloriau. 
 
Dikatakan, untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata maka harus didukung dengan keberadaan fasilitas dan sarana maupun kesiapan SDM. “Sejak beberapa tahun ini, kami terus membangun fasilitas kepariwisataan  diantaranya objek wisata bahari pantai Rupat Utara yang menjadi salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Bengkalis maupun di Provinsi Riau. Langkah ini dipandang perlu, guna memberikan nilai tambah bagi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah,” jelasnya.
 
Untuk memudahkan akses menuju ke lokasi pariwisata pantai Pasir Putih, Rupat Utara, sambung Herliyan, Pemerintah Kabupaten Bengkalis membangun infrastruktur jalan dan jembatan di Pulau Rupat. “Alhamdulillah, sejauh ini kita telah membangun sejumlah jembatan di beberapa titik, kemudian pada tahun ini juga kita telah mulai membangun jalan poros Pulau Rupat yang dibiayai dari program tahun jamak (multiyears). Kemudian ketersediaan tenaga listrik yang menjadi sejak dua pekan ini masyarakat desa di Rupat Utara sudah menikmati listrik selama 24 jam,” kata Herliyan.
 
Dalam upaya menunjang sektor pariwasata, keberadaan SDM kata Herliyan tidak bisa diabaikan. Oleh karena itu Pemkab Bengkalis membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata. Kedepan harap Bupati, anak-anak pulau Rupat bisa menempuh pendidikan di SMK Pariwisata ini, sehingga menjadi tenaga yang terampil di sektor pariwisata.
 
Diakui, untuk pembangunan sarana dan infrasktur pendukung pariwisata di pulau Rupat tidak mutlak menjadi tanggungjawab Pemkab Bengkalis semata. Namun perlu terobosan-terobosan, diantaranya menarik investor untuk mengembangkan objek wisata ini. “Selain itu kita juga minta Pemprov Riau dan pusat untuk membantu proses percepatan pembangunan kawasan pulau Rupat. Alhamdulillah, secara bertahap telah turut membangun berbagi fasilitas yang dibutuhkan. Terlebih pulau Rupat merupakan kawasan pulau terluar,” terang Herliyan. (rep1)