Riau Raya

Begini Cara Mengatur Berat Badan Saat Liburan

New York - Menikmati liburan bukan berarti bermalas-malasan dan mengkonsumsi makanan tidak sehat. Liburan berakhir, Anda baru menyadari bobot tubuh Anda bertambah. 
 
Menurut Beth Kitchin, asisten profesor ilmu gizi di UAB, banyak cara untuk menikmati liburan yang menyehatkan bagi semua orang. "Saat ini bukan waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan, tapi hanya menjaga berat badan, sebab semua ingin menikmati makanan favorit saat liburan. Hanya, jangan berlebihan," ujar dia.
 
Lebih lanjut, Kitchin mengungkapkan, untuk mendukung seseorang yang tak ingin hanya makan-makan saja selama liburan, bisa dilakukan kombinasi liburan dengan aktivitas seperti berjalan kaki di sekitar rumah bersama teman atau berolahraga yang menyenangkan.
 
Beberapa saran lain untuk mengatur berat tubuh selama liburan adalah :
 
1. Tentukan makanan spesial Anda tahun ini, dan abaikan menu yang lainnya.
2. Sediakan minuman rendah kalori, seperti air putih, untuk membantu menurunkan jumlah makanan yang dikonsumsi.
3. Sajikan makanan dalam porsi tertentu, dan bukan menyajikan dalam bentuk prasmanan. Hal ini akan membantu setiap orang menjauhi makanan, terutama yang berkalori tinggi seperti permen dan pencuci mulut.
4. Cukup tidur. "Tak seorang pun harus berhemat waktu tidur," ujar Kitchin. "Riset menunjukkan bahwa Anda kemungkinan makan berlebih saat kurang tidur, dan Anda juga cenderung untuk lebih mudah sakit, "katanya. (rep03)