Riau Raya

Pengadaan Sound System, Dari Rp1 Miliar Jadi Rp800 Juta

ilustrasi/net

PEKANBARU - Sempat beredar kabar pengadaan Sound System Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru yang dianggarkan di APBD Murni nilainya Rp1 miliar. Namun Bagian Perlengkapan akhirnya buka suara dan menagaskan pengadaan beberapa unit Sound System itu Rp 800 juta.

Hal itu dikatakan Kepala Bagian (Kabag) Perlengkapan Kota Pekanbaru, M Amin, Kamis (19/12/2013). "Pengadaan Sound System memang telah dianggarkan pada APBD Murni 2013, namun bukan untuk satu unit dengan harga Rp1 miliar, tetapi untuk beberapa unit dengan nilai pagu Rp800 juta," tegasnya.

Secara rinci, jelas Amin, Sound System itu terdiri dari, untuk ruang aula Kantor Walikota dengan rincian harga masing-masing Rp100 juta dan Rp160. "Kemudian Sound System untuk ruang rapat Walikota nilainya Rp175 juta, dan untuk ruang ruang multimedia sebesar Rp104 juta. Sedangkan untuk halaman kantor Walikota nilainya Rp284 juta, dan adalagi di tempat lain yang nilainya Rp187 juta. Sementara total pagunya 19, tapi dilelang pada posisi angka Rp800 juta," jelasnya.

Namun, dari rincian harga yang disebutkan Amin, nilai harga Sound System di atas secara keseluruhan mencapai Rp1 miliar lebih.
Proses tender pengadaan Sound System ini sudah dilakukan beberapa bulan lalu dan belum menemukan harga yang cocok hingga pengadaan ditunda. "Sebelumnya sudah diproses hingga ke Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), tetapi lelang gagal dan akan diulang lagi," timpalnya. (rep1)