Politik

Pemilu 2014, Gerindra Yakin Nangkring di Tiga Besar

JAKARTA -- Partai Gerindra menyerahkan daftar calon sementara (DCS) ke KPU, Senin (22/4) ini. Dengan konfigurasi DCS yang ada, Gerindra optimistis bisa meraih posisi tiga besar dalam Pemilu 2014.

Wakil Ketua Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan, calon legislatif Gerindra berasal dari pengurus dan kader partai dan sebagian adalah tokoh-tokoh yang berasal dari beragam latar belakang. Terdiri dari tokoh politik, akademisi, tokoh agama, pengusaha, tokoh petani dan nelayan, buruh, artis, atlit dan lain-lain.

Tingkat keragaman latar belakang ini bagi Gerindra sangat penting untuk meningkatkan semakin banyaknya aspirasi yang nanti bisa terjaring.

DCS Partai Gerindra, lanjut Fadli ditentukan melalui Badan Seleksi Caleg Partai, yang dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Pembina Prabowo Subianto.

Hampir 3.000 orang mendaftar sebagai bacaleg. Badan seleksi mewawancarai semua bacaleg hingga akhirnya memutuskan 560 orang caleg dalam DCS. Gerindra juga mengalokasikan lebih dari 35 persen kuota perempuan. Kuota ini melampaui aturan KPU sebesar 30 persen.

"Antusias publik sangat besar untuk mendaftar sebagai caleg dari Gerindra. Ini efek proses perekrutan secara terbuka melalui iklan yang kita pasang di berbagai media," kata Fadli.

Tetapi tentu tak ada yang sempurna. Tak semua orang tertampung dalam formasi DCS termasuk kader-kader yang bagus. Berdasarkan jadwal penyelenggaraan pemilu, pendaftaran bakal caleg dibuka pada 9 April hingga 22 April 2013.

Setelah itu, KPU akan melakukan verifikasi administrasi hingga 6 Mei, dan hasilnya disampaikan kepada partai politik tanggal 7 dan 8 Mei 2013. (rep03)