Fokus Rohil

Suyatno: Wisata Rohil Lebih Menarik

Wabup Rohil H Suyatno

OBYEK wisata di Kabupaten Rokan Hilir rasanya tidak kalah menarik dan bahkan lebih menarik dari daerah lainnya di Riau maupun propinsi di Indonesia. Pasalanya, di Rohil obyek wisatanya lebih beraneka ragam khususnya budaya, apalagi obyek wisata bahari yang memiliki keindahan yang lebih unik seperti Pulau Jemur.
 
Kalau kita bandingkan dengan daerah wisata lainnya, Kabupaten Rokan Hilir memiliki beragam keunikan, mulai dari wisata budaya Bakar Tongkang, Cap Go Meh, Imlek, Cheng Beng (sembahyang kubur), Atip Ambai dan lainnya. Sedangkan obyek wisata bahari terdiri dari Pulau Jemur, Danau Laut Napangga, Danau Janda Gatal, Pulau Tilan, dan lainnya.

Inilah kemenangan kita sebagai warga Rohil yang mempunyai keindahan tempat wisata yang berbeda dari daerah lain. Karena, keindahan obyek wisata yang ada perlu dipertahankan dan  dilestarikan, makanya saya mengajak warga untuk selalu menjaga obyek wisata kita tersebut. Sehingga, dunia luar maupun daerah lainnya tahu akan keanekaragaman wisata Rohil ini.

Karena, secara berkala, Pemkab Rohil terus berupaya untuk melakukan pembenahan dalam menunjang sektor pariwisata Rokan Hilir. Segala sarana dan prasaran berikut infrastruktur terus dilakukan pembenahan. Kita lihat misalnya, Pulau Tilan, Danau Laut Napangga dan Pulau Jemur yang belakanga ini terus mendapat perhatian dari Pemkab Rohil. Semua daerah wisata ini merupakan aset yang perlu dipertahankan dan harus dikelola dengan baik.

Sementara, daerah wisata lainnya sebagai penghasil ikan juga kerab menjadi daerah kunjungan seperti Pulalu Halang, Sinaboi dan Panipahan. Sedangkan, pengembangan pusat pemerintahan kota  berarsitektur kubah pada setiap bangunan dirancang di Batu Enam. Untuk agro bisnis terus dikembangkan di Kota Bagan Batu dan Tanah Putih Tanjung Melawan, Tanah Putih, Pujud serta Kubu.

Rohil juga memiliki wisata petualangan bono di perairan sungai Rokan dengan menyelusuri hutan tropis tempat ribuan satwa liar buaya bermukim di Pulau Pedamaran. Tempat-tempat inilah yang menjadi kebanggan kita untuk terus dirawat dan dipertahankan. Untuk membangun semua ini, tentunya peran para investor dan pihak swasta serta masyarakat sangat dibutuhkan. Karena potensi yang ada sangat menjanjikan. (rep1)